Fitriani, Siti Lailatul (2025) PENGUATAN LITERASI DIGITAL GUNA MENYONGSONG GENERASI BERKUALITAS MENUJU INDONESIA EMAS 2045: IMPLEMENTASI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Institut Al Fithrah (IAF) Surabaya.
![[thumbnail of ABSTRAK_202112126097.pdf]](https://erepository.alfithrah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK_202112126097.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SITI LAILATUL FITRIANI_202112126097.pdf]](https://erepository.alfithrah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SITI LAILATUL FITRIANI_202112126097.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
![[thumbnail of HASIL PLAGIASI_202112126097.pdf]](https://erepository.alfithrah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
HASIL PLAGIASI_202112126097.pdf
Download (204kB)
Abstract
ABSTRAK
Siti Lailatul Fitriani, NIM 202112126097, Penguatan Literasi Digital Guna Menyongsong Generasi Berkualitas Menuju Indonesia Emas 2045: Implementasi Sekolah Dasar.
Literasi digital merupakan salah satu dari enam jenis literasi nasional yang perlu dikembangkan. Urgensinya menjadi sangat penting mengingat Indonesia telah memasuki era society 5.0, transformasi dari era revolusi industri sebelumnya. Peran literasi digital begitu besar dalam menyongsong generasi emas Indonesia di tahun 2045, dimana diharapkan generasi emas memiliki kualitas yang mampu bersaing di kancah global.
Pendidikan sekolah dasar menjadi sasaran yang strategis dalam membentuk karakter serta pemberian bekal dasar untuk menghadapi tantangan di masa yang akan datang. Literasi digital bukan sebatas pemahaman terkait penggunaan teknologi secara perangkat, akan tetapi menjadi ladang edukasi dalam pengorganisasian penggunaan jejaring sosial yang sangat erat kaitannya dengan literasi digital ini.
Karakter anak bangsa juga menentukan kualitas sumber dayanya. Sehingga penguatan budaya literasi digital tidak hanya kepada siswa, akan tetapi kepada pendidik pula. Seorang pendidik selain sebagai seorang fasilitator juga menjadi role model bagi siswanya karena paradigma guru adalah pusat pembelajaran masih terus melekat.
Konsep literasi digital di sekolah dasar juga diharapkan mampu menjadi bekal untuk menangkal isu-isu yang tidak benar dan mulai menjajah generasi bangsa melalui media sosial tanpa disadari.
Kata Kunci: Literasi Digital, Peran Pendidikan, Generasi Emas 2045
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Contributors: | Contribution Name NIDN/NIY Email Thesis advisor Syamsudin, Syamsudin 2121058702 syamsudinalfithrah@gmail.com |
Uncontrolled Keywords: | Literasi Digital, Peran Pendidikan, Generasi Emas 2045 |
Subjects: | L Pendidikan > LA Sejarah Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyah |
Depositing User: | Siti Lailatul Fitriani |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 09:52 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 09:52 |
URI: | https://erepository.alfithrah.ac.id/id/eprint/134 |