Anwar, Laila Aprilan Al Ashary (2025) STRATEGI KEPALA PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI ISTANA BACA MTS DARUL ULUM WARU. S1 thesis, Institut Al Fithrah (IAF) Surabaya.
![[thumbnail of ABSTRAK_202112120512.pdf]](https://erepository.alfithrah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK_202112120512.pdf
Download (824kB)
![[thumbnail of LAILA APRILIAN A.A.A_202112120512.pdf]](https://erepository.alfithrah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAILA APRILIAN A.A.A_202112120512.pdf
Download (6MB)
![[thumbnail of CEK PLAGIASI_202112120512.pdf]](https://erepository.alfithrah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
CEK PLAGIASI_202112120512.pdf
Download (284kB)
Abstract
Laila Aprilan Al Ashary Anwar, NIM. 202112120512, Strategi Kepala Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Istana Baca MTS Darul Ulum Waru.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kepala perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di istana baca MTs Darul Ulum Waru. Fokus penelitian ini terletak pada langkah-langkah strategis yang diterapkan oleh kepala perpustakaan, faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi, serta dampak dari pelaksanaan strategi tersebut terhadap peningkatan minat baca siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi yang di terapkan kepala perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di istana baca MTS Darul Ulum Waru? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan minat baca siswa melalui perpustakaan Istana Baca di MTS Darul Ulum Waru?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari kepala perpustakaan, kepala sekolah, staf perpustakaan, dan siswa MTs Darul Ulum Waru. Teknik analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kepala perpustakaan menerapkan strategi berupa pengelolaan ruang baca yang nyaman dan menarik, program membaca senyap, lomba-lomba literasi, pemanfaatan teknologi seperti aplikasi Slims dan sistem barcode, serta pengadaan koleksi buku yang bervariasi dan terbaru. 2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan strategi tersebut antara lain dukungan penuh dari kepala sekolah, semangat inovatif kepala perpustakaan, serta antusiasme siswa. Adapun faktor penghambatnya meliputi keterbatasan sumber daya manusia dan anggaran, serta kurangnya budaya literasi di kalangan sebagian siswa. Strategi yang diterapkan secara keseluruhan memberikan dampak positif terhadap peningkatan minat baca siswa di lingkungan madrasah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Contributors: | Contribution Name NIDN/NIY Email Thesis advisor Mastur, Ali 2101018204 alimastur159@gmail.com |
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Kepala Perpustakaan, Minat Baca, Istana Baca, Literasi |
Subjects: | L Pendidikan > LB Teori dan Praktik Pendidikan > LB1603 Pendidikan Menengah (SMP.SMA) L Pendidikan > LB Teori dan Praktik Pendidikan > LB2361 Curriculum Z Bibliografi. Ilmu Perpustakaan. Sumber Informasi > Z665 Ilmu Perpustakaan. Ilmu Informasi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email it@alfithrah.ac.id |
Date Deposited: | 17 Oct 2025 09:27 |
Last Modified: | 17 Oct 2025 09:27 |
URI: | https://erepository.alfithrah.ac.id/id/eprint/209 |