Penerapan Metode Multisensori dengan Balok Alfabet untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas I MI Al Fattah

Mahfudoh, Ana Aisya (2025) Penerapan Metode Multisensori dengan Balok Alfabet untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas I MI Al Fattah. S1 thesis, Institut Al Fithrah (IAF) Surabaya.

[thumbnail of ANA AISYA MAHFUDOH_202112126102..pdf] Text
ANA AISYA MAHFUDOH_202112126102..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of LOA_202112126102.pdf] Text
LOA_202112126102.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of CEK PLAGIASI_202112126102.pdf] Text
CEK PLAGIASI_202112126102.pdf

Download (185kB)

Abstract

Kemampuan membaca awal merupakan dasar penting dalam perkembangan literasi siswa, namun pendekatan pembelajaran konvensional sering kali tidak mampu mengakomodasi perbedaan gaya belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode multisensori menggunakan media balok alfabet dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I MI Al Fattah. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan tes membaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan multisensori memberikan dampak positif yang signifikan terhadap sikap, pengetahuan, dan keterampilan membaca siswa. Siswa juga menunjukkan antusiasme tinggi serta respons positif terhadap kegiatan belajar yang interaktif dan menyenangkan, menandakan bahwa metode ini efektif dan layak diterapkan dalam pembelajaran membaca di kelas awal.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
Contribution
Name
NIDN/NIY
Email
Thesis advisor
Marlina, Tuti
2127099101
tuti@alfithrah.ac.id
Uncontrolled Keywords: Metode Multisensori, Balok Alfabet, Kemampuan Membaca.
Subjects: L Pendidikan > LB Teori dan Praktik Pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan Praktik Pendidikan > LB1501 Pendidikan Dasar (SD)
L Pendidikan > LC Aspek Khusus Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyah
Depositing User: Unnamed user with email it@alfithrah.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2025 04:15
Last Modified: 29 Oct 2025 04:15
URI: https://erepository.alfithrah.ac.id/id/eprint/214

Actions (login required)

View Item
View Item