Zahrunnada, Laila (2024) Korelasi Antara Manajemen Peserta Didik Dengan Mutu Pendidikan di SMK Miftahul Huda Ngroto. S1 thesis, Institut Al Fithrah.
ABSTRAK-202012120465.pdf
Download (2MB)
Laila Zahrunnada-202012120465.pdf
Download (3MB)
ARTIKEL TUGAS AKHIR-202012120465.pdf
Download (665kB)
CEK PLAGIASI_202012120465.pdf
Download (34kB)
Abstract
Laila Zahrunnada, 202012120465, Korelasi Antara Manajemen Peserta Didik Terhadap Mutu Pendidikan di SMK Miftahul Huda Ngroto.
Penelitian.ini.dilatar.belakangi.oleh.pentingnya.manajemen peserta didik terhadap mutu pendidikan yang.dihasilkan.oleh pihak sekolah dalam hal ini adalah siswa. Karena keberhasilan suatu Lembaga pendidikan dapat diketahui berdasarkan kualitas pengetahuan yang dimiliki oleh siswa itu sendiri. Maka manajemen peserta didik bertanggung jawab juga terhadap mutu pendidikan di sekolah. Penelitian.disini.bertujuan untuk mengetahui manajemen peserta didik di SMK Miftahul Huda Ngroto, mengetahui mutu pendidikan di SMK Miftahul Huda Ngroto, serta memahami korelasi manajemen peserta didik terhadap mutu.pendidikan di SMK Miftahul Huda Ngroto.
Penelitian ini akan membahas terkait bagaimana manajemen.peserta didik dan mutu.pendidikan di SMK Miftahul Huda Ngroto, dan juga Korelasi atara manajemen peserta didik dengan mutu pendidikan, Dimana Manajemen peserta didik yang bermutu berkontribusi pada output pendidikan yang bermutu. Mutu pendidikan yang diterima di sekolah akan menghasilkan mutu belajar sebagai produk dari keefektifan manajerial kepala sekolah, yang didukung oleh guru dan staf sekolah lainnya sebagai.cerminan keefektifan dan keberhasilan sekolah.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Dalam pengumpulan data.peneliti menggunakan alat pengumpul data berupa observasi.penyebaran.angket ataupun kuesioner..serta dokumentasi.
Hasil penelitiannya adalah diketahui bahwa pelaksanaan manajemen peserta didik di SMK Miftahul Huda Ngroto terbilang kuat atau tinggi, serta monitoring yang dilakukan terbilang tinggi. Di SMK Miftahul Huda Ngroto juga mengikuti beberapa perlombaan, diantaranya tahfidzul qur’an, baca kitab, atau perlombaan sesuai dengan jurusannya masing-masing baik di Tingkat kabupaten maupun kecamatan. dilihat dari hasil analisis kuesioner tentang manajemen peserta didik kepada perwakilan siswa kelas XI SMK Miftahul Huda Ngroto yang menjadi sampel penelitian dengan memperoleh nilai rata-rata 75%, sehingga dapat disimpulkan berkategori tinggi atau kuat. Hasil kuesioner tentang mutu pendidikan yaitu dalam kategori tinggi atau kuat, dengan hasil rata-rata 73,53%. Terbukti dengan minimnya pelanggaran tata tertib sekolah, pengembangan yang dilakukan secara berkala serta pemetaan yang dilakukan di SMK Miftahul Huda Ngroto. Dimana terealisasi dipelaporan mutu terdapat nilai-nilai ketercapaian sekolah. Sedangkan, Berdasarkanhasilanalisis.korelasi product moment tentang korelasi manajemen peserta didik terhadap mutu pendidikan di SMK Miftahul Huda Ngroto terdapat hubungan positif atara manajemen peserta didik dengan mutu pendidikan dengan nilai rxy (angka indeks korelasi) sebesar 0,69 yang berarti mempunyai hubungan tinggi atau kuat. Dari hasil tersebut penulis dapat menyimpulkan bahwa adanya hubungan atau keterikatan, Dimana antara manajemen peserta didik dengan mutu pendidikan di SMK Miftahul Huda Ngroto.
Kata Kunci: Manajemen, Manajemen Peserta Didik, Mutu Pendidikan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Contributors: | Contribution Name NIDN/NIY Email Thesis advisor Imawan, Aris 2108128101/12108028 nawamisira@yahoo.co.id Thesis advisor UNSPECIFIED UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Perpustakaan Perguruan Tinggi, Kebutuhan, dan Koleksi, Referensi |
Subjects: | K Law > KD England and Wales L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Zahrunnada Laila |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 06:58 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 06:58 |
URI: | https://erepository.alfithrah.ac.id/id/eprint/36 |