Zuhdan, Muchammad Tazdad (2024) Implementasi Profil Pelajar Pancasila Pada Pembelajaran PPKN Dalam Kurikulum Merdeka DI MI Al Fithrah Surabaya. S1 thesis, Institut Al Fithrah (IAF) Surabaya.
ABSTRAK_202012126094..pdf
Download (841kB)
MUCHAMMAD TAZDAD ZUHDAN AG_202012126094.pdf
Download (3MB)
ARTIKEL TUGAS AKHIR_202012126094.pdf
Download (360kB)
CEK PLAGIASI (Turnitin)_202012126094.pdf
Download (29MB)
Abstract
Setiap individu yang terlibat dalam pendidikan untuk berkontribusi aktif
dalam meningkatkan mutu pendidikan. Beberapa permasalahan yang muncul dalam
dunia pendidikan saat ini ialah kurangnya peran dan pengawasan orang tua dan guru
dalam penerapan pendidikan karakter dan nilai-nilai pancasila dalam proses
pembelajaran. Salah satunya adalah permasalahan tentang kemerosotan karakter
pancasila, seperti menurunnya moralitas masyarakat yang meliputi kegiatan�kegiatan yang harus selalu beretika dan beradab dalam kehidupan setiap orang,
banyaknya keragaman budaya, pesatnya teknologi. Oleh karena itu tujuan
penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi pembelajaran PPKN dalam
kurikulum merdeka melalui penguatan pendidikan karakter siswa berdasarkan
profil Pancasila dimensi kebhinekaan global serta faktor pendukung dan
penghambat dari implementasi profil pelajar pancasila pada pembelajaran PPKN
dalam kurikulum merdeka di MI Al Fithrah Surabaya. Pelaksanaan pembelajaran
ini hanya terbatas pada dimensi kebhinekaan Global kelas IV di MI Al Fithrah
Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan teknik
pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi.
Analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan. Adapun sumber data pada penelitian ini, yaitu
wakakurikulum, guru kelas, dan guru mata pelajaran. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa implementasi pendidikan karakter dimensi Kebhinekaan Global di MI Al
Fithrah Surabaya melalui kurikulum merdeka pelaksanaanya terdiri dari beberapa
tahap dalam pembelajarannya, mulai dari kegiatan pembukaan, inti, dan penutup,
dimana pada kegiatan pembuka siswa diajak terlebih dahulu untuk mengamati
gambaran tentang materi adat istiadat masyarakat Indonesia, supaya mereka lebih
memahami dan menghargai keragaman budaya sejak awal pembelajaran. Adapun
faktor penghambatnya adalah kurangnya pengawasan orang tua diluar lingkungan
sekolah dan kurangnya pembiasaan diluar lingkungan sekolah. Bedasarkan data
yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa implementasi pendidikan karakter
dimensi kebhinekaan global di MI Al Fithrah Surabaya dalam kurikulum merdeka
membawa dampak positif dalam mengantisipasi bullying.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Contributors: | Contribution Name NIDN/NIY Email Thesis advisor SYAMSUDIN, SYAMSUDIN, 2121058702 syamsudinalghifari@gmail.com Thesis advisor Marlina, Tuti 2127099101 tmarlina123@gmail.com |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter,Pembelajaran PPKN, Profil Pelajar Pancasila |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyah |
Depositing User: | Zuhdan Muchamad Tazdad |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 06:25 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 06:25 |
URI: | https://erepository.alfithrah.ac.id/id/eprint/39 |