Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Di SMP YPP Nurul Huda Surabaya

Rohman, Abd (2024) Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Di SMP YPP Nurul Huda Surabaya. S1 thesis, Institut Al Fithrah (IAF) Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK_202012120434 (1).pdf] Text
ABSTRAK_202012120434 (1).pdf

Download (472MB)
[thumbnail of ABD ROHMAN_202012120434 (1).pdf] Text
ABD ROHMAN_202012120434 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB) | Request a copy
[thumbnail of ARTIKEL TUGAS AKHIR_202012120434.pdf] Text
ARTIKEL TUGAS AKHIR_202012120434.pdf

Download (828kB)
[thumbnail of CEK PLAGIASI_202012120434.pdf] Text
CEK PLAGIASI_202012120434.pdf

Download (32kB)

Abstract

Abd Rohman, NIM 202012120434, Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Di SMP YPP Nurul Huda Surabaya.
Lembaga pendidikan kini beralih ke sistem digital untuk memaksimalkan pelayanan, khususnya administrasi, dengan memanfaatkan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIMDIK). Perkembangan SIM Pendidikan dan penggunaannya di sekolah menuntut para pemangku kepentingan (stakeholder) sekolah untuk mengantisipasinya dan memanfaatkannya untuk mendukung efektivitas dan efisiensi sekolah.
Permasalahan penelitian ini ada 2 yaitu, (1) Bagaimana Implementasi DAPODIK di SMP YPP Nurul Huda Surabaya? (2) Bagaimana dampak Implementasi DAPODIK dalam meningkatkan Pelayanan Administrasi di SMP YPP Nurul Huda Surabaya?
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Jenis penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk menjelaskan atau menggambarkan apa yang terjadi selama penelitian. Para peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan tiga metode: observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Implementasi DAPODIK berjalan dengan baik. Sesuai dengan prosedur dalam pengisian menu DAPODIK secara umum. DAPODIK digunakan untuk pendataan, meliputi pendataan guru, tenaga kependidikan, data siswa, sarana prasarana dan sebagainya. (2) Penerapan DAPODIK dalam meningkatkan pelayanan administrasi memberikan dampak kemudahan, DAPODIK ini juga mendukung pengambilan keputusan pendidikan, di mana informasi yang dihasilkan dari DAPODIK sangat penting untuk mendukung proses pengambilan keputusan di tingkat kementerian, dinas pendidikan, dan sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
Contribution
Name
NIDN/NIY
Email
UNSPECIFIED
Mastur, Ali
2101018204
alimastur159@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Pelayanan Administrasi.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rohman, Abd
Date Deposited: 27 Aug 2024 07:51
Last Modified: 27 Aug 2024 07:51
URI: https://erepository.alfithrah.ac.id/id/eprint/47

Actions (login required)

View Item
View Item