MANAJEMEN STRATEGIK LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTS KH. M. NOER KEDUNG MANGU SURABAYA

Al Irfani, Muhammad Hestiafin (2024) MANAJEMEN STRATEGIK LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTS KH. M. NOER KEDUNG MANGU SURABAYA. S1 thesis, Institut Al Fithrah (IAF) Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK_202012120473.pdf] Text
ABSTRAK_202012120473.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of ARTIKEL TUGAS AKHIR_202012120473.pdf] Text
ARTIKEL TUGAS AKHIR_202012120473.pdf

Download (441kB)
[thumbnail of CEK PLAGIASI_202012120473.pdf] Text
CEK PLAGIASI_202012120473.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of MUHAMMAD HESTIAFIN AL IRFANI_202012120473 (1).pdf] Text
MUHAMMAD HESTIAFIN AL IRFANI_202012120473 (1).pdf

Download (19MB)

Abstract

Muhammad Hestiafin Al Irfani NIM 202012120473, Manajemen Strategik Lembaga Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MTs KH. M. Noer Kedung Mangu Surabaya.
Dalam upaya meningkatkan mutu atau kualitas pendidikan perlu dilaksanakan kegiatan manajerial yang terstruktur guna mencapai keberhasilan yang menjadi tujuan bersama di suatu lembaga pendidikan. Untuk itu perlu dilaksanakan pengorganisasian melalui manajemen strategik. Manajemen strategik di bidang pendidikan merupakan proses yang diselenggarakan lembaga pendidikan secara sistematis dan continue dalam suatu organisasi pendidikan guna menghasilkan rumusan strategi dan pemilihan keputusan yang efektif dan efisien sehingga menghasilkan produk pendidikan berkualitas tinggi yang sesuai dengan tujuan dan cita-cita lembaga pendidikan.
Pada penelitian ini membahas dua rumusan masalah yang dikaji yaitu, (1) Bagaimana manajemen strategik lembaga pendidikan Islam berperan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs KH. M. Noer Kedung Mangu Surabaya? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat manajemen strategi lembaga pendidikan Islam dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs KH. M. Noer Kedung Mangu Surabaya?
Jenis penelitian yang digunakan dalam karya ilmiah ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, pendekatan deskriptif disini digunakan untuk mendefinisikan dan memberikan gambaran yang terjadi sesungguhnya pada obyek penelitian. Pada penelitian deskriptif kualitatif menggunakan tiga langkah diantaranya ialah dengan melangsungkan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian upaya manajemen strategik lembaga pendidikan Islam dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs KH. M. Noer di antaranya melalui beberapa tahapan, yakni perencanaan strategik, pelaksanaan manajemen strategik dan evaluasi strategik. Manajemen strategik yang di laksanakan MTs KH. M. Noer Kedung Mangu Surabaya berjalan efektif dapat membantu madrasah mencapai standar kualitas yang lebih tinggi dan memberikan pengalaman pendidikan yang lebih baik artinya manajemen strategik berperan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs. KH. M. Noer Kedung. Kemudian yang menjadi faktor pendukung dan penghambat pada manajemen strategik lembaga pendidikan Islam dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs KH. M. Noer adalah Faktor Pendukung di antaranya yaitu: 1) Kepercayaan yayasan, 2) Dukungan pemerintah kota Surabaya, 3) Dukungan kementerian agama kota Surabaya (Depag), serta 4) Sumber daya manusia (kepala madrasah dan staf). Faktor Penghambat di antaranya yaitu : 1) Keterbatasan dana, 2) Belum adanya tim khusus dalam perumusan manajemen strategik, serta 3) Belum terjalinnya sinergi secara optimal.
Kata Kunci: Manajemen Strategik, Mutu Pendidikan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
Contribution
Name
NIDN/NIY
Email
Thesis advisor
Mastur, Ali
2101018204
alimastur159@gmail.com
Thesis advisor
Kusuma, Pratama Surya Bagus
2129048601
pratamasbk@alfithrah.ac.id
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategik, Mutu Pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Irfani Muhammad Hestiafin Al
Date Deposited: 30 Aug 2024 09:12
Last Modified: 30 Aug 2024 09:12
URI: https://erepository.alfithrah.ac.id/id/eprint/52

Actions (login required)

View Item
View Item