Al Irfani, Muhammad Hestiafin (2024) MANAJEMEN STRATEGIK LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTS KH. M. NOER KEDUNG MANGU SURABAYA. S1 thesis, Institut Al Fithrah (IAF) Surabaya.
ABSTRAK_202012120473.pdf
Download (2MB)
ARTIKEL TUGAS AKHIR_202012120473.pdf
Download (441kB)
CEK PLAGIASI_202012120473.pdf
Download (1MB)
MUHAMMAD HESTIAFIN AL IRFANI_202012120473 (1).pdf
Download (19MB)
Abstract
Muhammad Hestiafin Al Irfani NIM 202012120473, Manajemen Strategik Lembaga Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MTs KH. M. Noer Kedung Mangu Surabaya.
Dalam upaya meningkatkan mutu atau kualitas pendidikan perlu dilaksanakan kegiatan manajerial yang terstruktur guna mencapai keberhasilan yang menjadi tujuan bersama di suatu lembaga pendidikan. Untuk itu perlu dilaksanakan pengorganisasian melalui manajemen strategik. Manajemen strategik di bidang pendidikan merupakan proses yang diselenggarakan lembaga pendidikan secara sistematis dan continue dalam suatu organisasi pendidikan guna menghasilkan rumusan strategi dan pemilihan keputusan yang efektif dan efisien sehingga menghasilkan produk pendidikan berkualitas tinggi yang sesuai dengan tujuan dan cita-cita lembaga pendidikan.
Pada penelitian ini membahas dua rumusan masalah yang dikaji yaitu, (1) Bagaimana manajemen strategik lembaga pendidikan Islam berperan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs KH. M. Noer Kedung Mangu Surabaya? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat manajemen strategi lembaga pendidikan Islam dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs KH. M. Noer Kedung Mangu Surabaya?
Jenis penelitian yang digunakan dalam karya ilmiah ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, pendekatan deskriptif disini digunakan untuk mendefinisikan dan memberikan gambaran yang terjadi sesungguhnya pada obyek penelitian. Pada penelitian deskriptif kualitatif menggunakan tiga langkah diantaranya ialah dengan melangsungkan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian upaya manajemen strategik lembaga pendidikan Islam dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs KH. M. Noer di antaranya melalui beberapa tahapan, yakni perencanaan strategik, pelaksanaan manajemen strategik dan evaluasi strategik. Manajemen strategik yang di laksanakan MTs KH. M. Noer Kedung Mangu Surabaya berjalan efektif dapat membantu madrasah mencapai standar kualitas yang lebih tinggi dan memberikan pengalaman pendidikan yang lebih baik artinya manajemen strategik berperan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs. KH. M. Noer Kedung. Kemudian yang menjadi faktor pendukung dan penghambat pada manajemen strategik lembaga pendidikan Islam dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs KH. M. Noer adalah Faktor Pendukung di antaranya yaitu: 1) Kepercayaan yayasan, 2) Dukungan pemerintah kota Surabaya, 3) Dukungan kementerian agama kota Surabaya (Depag), serta 4) Sumber daya manusia (kepala madrasah dan staf). Faktor Penghambat di antaranya yaitu : 1) Keterbatasan dana, 2) Belum adanya tim khusus dalam perumusan manajemen strategik, serta 3) Belum terjalinnya sinergi secara optimal.
Kata Kunci: Manajemen Strategik, Mutu Pendidikan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Contributors: | Contribution Name NIDN/NIY Email Thesis advisor Mastur, Ali 2101018204 alimastur159@gmail.com Thesis advisor Kusuma, Pratama Surya Bagus 2129048601 pratamasbk@alfithrah.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Strategik, Mutu Pendidikan |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Irfani Muhammad Hestiafin Al |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 09:12 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 09:12 |
URI: | https://erepository.alfithrah.ac.id/id/eprint/52 |