Krisdayanti, Chusnul (2024) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SISWA DI SMP TA'MIRIYAH SURABAYA. S1 thesis, Institut Al Fithrah (IAF) Surabaya.
ABSTRAK_202012120466.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (657kB) | Request a copy
ARTIKEL TUGAS AKHIR_202012120466..pdf
Download (502kB)
CEK PLAGIASI_202012120466..pdf
Download (17MB)
Chusnul Krisdayanti_202012120466.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (15MB) | Request a copy
Abstract
ABSTRAK
Chusnul Krisdayanti, NIM 202012120466, Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa di SMP Ta’miriyah Surabaya: Studi Kasus di SMP Ta’miriyah Surabaya.
Sarana dan prasarana adalah komponen penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan prestasi belajar siswa. SMP Ta'miriyah Surabaya mengelola sarana dan prasarana pendidikan dengan baik untuk meningkatkan pelayanan pendidikan. Hal ini dapat ditunjukkan dengan prestasi siswa yang cukup baik setiap tahunnya.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini: (1) Untuk Mengetahui Manajemen Sarana dan Prasarana di SMP Ta’miriyah Surabaya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, (2) Untuk mengetahui upaya Kepala Urusan Sarpras untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat terlaksananya Manajemen Sarana dan Prasarana dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP Ta'miriyah Surabaya.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, jenis studi kasus, untuk melakukan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan termasuk wawancara, observasi, dan dokumentasi teknik analisis data yang digunakan termasuk reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan proses pembelajaran di sekolah SMP Ta'miriyah Surabaya bahwa manajemen sarana prasarana sudah terlaksana mulai dari perencanaan, pengadaan, penghapusan, pemeliharaan, pengawasan. Kemudian upaya yang di lakukan kaur sarpras yaitu membuka dan menerima kritik dan saran dari para atasan, guru, murid dan para staf. Dan salah satu faktor pendukung terlaksananya adalah dengan memberikan informasi dan komunikasi yang terus-menerus kepada guru, murid, dan orang tua. Selain itu faktor yang mempengaruhi dalam meningkatkan kualitas yaitu kerjasama dengan masyarakat sekolah dalam menjaga barang yang sudah ada.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Contributors: | Contribution Name NIDN/NIY Email Thesis advisor Kholis, Nur 2106068001 abutomy13@gmail.com |
Uncontrolled Keywords: | MANAJEMEN, SARPRAS, KUALITAS. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Chusnul Krisdayanti |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 08:27 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 08:27 |
URI: | https://erepository.alfithrah.ac.id/id/eprint/82 |