Urgensi Perpustakaan Di Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus Di SMP Darul Hikmah Langkap, Burneh, Bangkalan).

Mukarromah, Laily Hafidatul (2024) Urgensi Perpustakaan Di Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus Di SMP Darul Hikmah Langkap, Burneh, Bangkalan). S1 thesis, Institut Al Fithrah (IAF) Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK_202012120438.pdf] Text
ABSTRAK_202012120438.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of ARTIKEL TUGAS AKHIR _202012120438.pdf] Text
ARTIKEL TUGAS AKHIR _202012120438.pdf

Download (760kB)
[thumbnail of CEK PLAGIASI_202012120438.pdf] Text
CEK PLAGIASI_202012120438.pdf

Download (20kB)
[thumbnail of Laily Hafidatul Mukarromah_202012120438.pdf] Text
Laily Hafidatul Mukarromah_202012120438.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Perpustakaan sekolah dapat bertindak sebagai pelaksana pendidikan.
Perpustakaan memiliki potensi yang sangat besar untuk meningkatkan hasil
belajar siswa. Untuk meningkatkan minat baca siswa, pengelolaan
perpustakaan harus efektif. Banyak manfaat perpustakaan bagi siswa
diantaranya adalah untuk mendukung pembelajaran dan juga untuk
pengembangan pengetahuan siswa.
Pada penelitian ini memuat 3 rumusan masalah yaitu, (1) Bagaimana
pengelolaan perpustakaan di lembaga pendidikan islam, dengan studi kasus
di SMP Darul Hikmah Langkap, Burneh, Bangkalan. (2) Bagaimana Urgensi
perpustakaan di lembaga pendidikan islam, dengan studi kasus di SMP Darul
Hikmah Langkap, Burneh, Bangkalan, dalam mendukung pembelajaran. (3)
Bagaimana urgensi perpustakaan di lembaga pendidikn islam, dengan studi
kasus di SMP Darul Hikmah Langkap, Burneh, Bangkalan, dalam
pengembangan pengetahuan siswa.
Penelitian ini adalah studi kasus, kasus penelitian ini berfokus pada
urgensi perpustakaan di lembaga pendidikan islam SMP Darul Hikmah,
Langkap, Burneh, Bangkalan. Perpustakaan SMP Darul Hikmah sebagai
subjek penelitian, pendukung pembelajaran dan pengembangan pengetahuan
siswa adalah objeknya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif
deskriptif, jenis penelitian tersebut mengambil data dengan cara observasi,
wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengelolaann perpustakaan
di SMP Darul Hikmah kurang efektif. (2) perpustakaan di SMP Darul
Hikmah dapat mendukung pembelajaran. (3) perpustakaan di SMP Darul
Hikmah dapat menjadikan pola fikir siswa berkembang.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
Contribution
Name
NIDN/NIY
Email
Thesis advisor
Arif, Muhammad Faiz Al
2128047501
m.faiz@alfithrah.ac.id
Uncontrolled Keywords: Urgensi perpustakaan, lembaga pendidikan islam.
Subjects: K Law > KD England and Wales
L Education > L Education (General)
L Education > LD Individual institutions (United States)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Hafidatul Mukarromah Laily
Date Deposited: 11 Sep 2024 08:44
Last Modified: 11 Sep 2024 08:44
URI: https://erepository.alfithrah.ac.id/id/eprint/86

Actions (login required)

View Item
View Item