Implementasi Manajemen Peserta Didik untuk penguasaan Microsoft Office bagi Santri (studi kasus Ekstrakurikuler Komputer di PDF Ulya Al Fithrah Surabaya)

Rohman, Ibnu Nur (2024) Implementasi Manajemen Peserta Didik untuk penguasaan Microsoft Office bagi Santri (studi kasus Ekstrakurikuler Komputer di PDF Ulya Al Fithrah Surabaya). S1 thesis, Institut Al Fithrah (IAF) Surabaya.

[thumbnail of IBNU NUR ROHMAN_202012120430.pdf] Text
IBNU NUR ROHMAN_202012120430.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy
[thumbnail of ABSTRAK_202012120430.pdf] Text
ABSTRAK_202012120430.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of ARTIKEL TUGAS AKHIR_202012120430.pdf] Text
ARTIKEL TUGAS AKHIR_202012120430.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of CEK PLAGIASI_202012120430.pdf] Text
CEK PLAGIASI_202012120430.pdf

Download (23MB)

Abstract

Manajemen peserta didik mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam kegiatan ekstrakurikuler komputer yakni untuk menumbuhkan kemampuan dan mendorong santri agar lebih mendalami teknologi. Ekstrakurikuler komputer dibutuhkan manajemen yang baik agar bisa mencapai tujuan yang sudah ditentukan. Teknologi sangat bermakna dan berharga bagi kalangan santri, dengan demikian di PDF Ulya Al Fithrah Surabaya telah merancang kegiatan untuk menumbuhkan bakat dan minat santri tentang IPTEK. Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler ini para santri tidak GAPTEK saat lulus dari PDF Ulya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti mengumpulkan data dengan tig acara yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa: Implementasi Manajemen Peserta Didik Untuk Ekstrakurikuler Komputer di Kelas XII PDF Ulya Al Fithrah Surabaya berjalan sesuai yang telah direncanakan. Dalam kegiatan ekstrakurikuler komputer terdapat 3 komponen manajemen yaitu: Perencanaannya yang sudah matang mulai dari menyiapkan fasilitas, menyiapkan dana untuk pengadaan unit komputer, dan menyiapkan materi mulai dari dasar hingga profesional. Pelaksanaannya dengan di bagi menjadi 16 kelompok dari 8 kelas yang ada dan jadwalnya sesuai kalender pendidikan yang telah dibuat. Selain itu terdapat ujian untuk mengukur dan menilai kemampuan santri selama ekstrakurikuler komputer berjalan. Evaluasi yang dilakukan oleh pendidik dan pimpinan yaitu dengan cara mengawasi dan diskusi melalui via grub whatsapp oleh kepala PDF, kepala IT dan pendidik. Faktor penghambat implementasi manajemen peserta didik untuk ekstrakurikuler komputer yaitu dari pimpinan yang kurang pengawasan dan motivasi untuk santri, dari laboratorium komputer yang kurang menyediakan unit komputer dan tidak sesuai dengan rombel kelas, dari lingkungan yang kurang mendukung untuk pengadaan unit komputer dan dari ekstrakurikuler komputer itu sendiri yang tidak memberi peluang untuk santri yang izin tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler komputer. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu dari tim IT yang telah merancang materi dari dasar hingga profesional, dan PDF Ulya yang membantu tim IT untuk pengadaan unit komputer.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
Contribution
Name
NIDN/NIY
Email
Thesis advisor
Imawan, Aris
2108128101
nawamisira@yahoo.co.id
Uncontrolled Keywords: Manajemen Peserta Didik, Ekstrakurikuler Komputer.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rohman Ibnu Nur
Date Deposited: 17 Oct 2024 09:02
Last Modified: 17 Oct 2024 09:02
URI: https://erepository.alfithrah.ac.id/id/eprint/102

Actions (login required)

View Item
View Item