Dewi, Elsa Viana (2025) PERAN WORK MOTIVATION DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTS IHYAUL ULUM MANYAR LAMONGAN. S1 thesis, Institut Al Fithrah (IAF) Surabaya.
![[thumbnail of ABSTRAK_202112120495..pdf]](https://erepository.alfithrah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK_202112120495..pdf
Download (982kB)
![[thumbnail of ELSA VIANA DEWI_202112120495.pdf]](https://erepository.alfithrah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ELSA VIANA DEWI_202112120495.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of HASIL PLAGIASI_202112120595.pdf]](https://erepository.alfithrah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
HASIL PLAGIASI_202112120595.pdf
Download (187kB)
Abstract
Elsa Viana Dewi, NIM 202112120495, Peran Work Motivation Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MTs Ihyaul Manyar Lamongan.
Kinerja guru merupakan faktor penting dalam keberhasilan proses belajar-mengajar. Hasil observasi dan wawancara di MTs Ihyaul Ulum menunjukkan bahwa motivasi dan kinerja guru belum merata. Beberapa guru masih kurang disiplin, kurang konsisten dalam mengajar, serta minim persiapan perangkat pembelajaran, sehingga berdampak pada efektivitas pembelajaran. Kondisi ini mengindikasikan bahwa motivasi kerja, baik intrinsik maupun ekstrinsik, berperan penting dalam meningkatkan profesionalisme dan kinerja guru sesuai tuntutan tugasnya.
Penelitian ini merumuskan tiga pertanyaan yaitu, 1) Apa bentuk work motivation guru di MTs Ihyaul Ulum Manyar Lamongan? 2) Bagaimana kinerja guru di MTs Ihyaul Ulum Manyar Lamongan? 3) Apa peran work motivation dalam peningkatan kinerja guru di MTs Ihyaul Ulum Manyar Lamongan?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang menggambarkan obyek penelitian secara verbal melalui data yang telah terkumpul dengan mengamati fenomena-fenomena yang terjadi, serta mengadakan wawancara untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan masalah yang diteliti dengan pihak-pihak yang kompeten. Kemudian hasil dari wawancara tersebut direkam dalam perangkat audio kemudian diolah dengan hasil olah pikir yang logis kemudian dapat disajikan dalam bentuk tulisan.
Hasil penelitian menunjukkan bentuk work motivation guru dibagi menjadi dua, yaitu 1) motivasi intrinsik (aktualisasi diri seperti: pelatihan, seminar dan workshop, kepuasan dalam mengajar seperti: menyelesaikan tugas dengan baik, tujuan karir dan pencapaian : masuk dalam struktural, lingkungan sosial dan religius, dan tanggung jawab terhadap tugas) dan motivasi ekstrinsik (penghargaan: berbentuk piagam sertifikat, kebutuhan fisiologis: tunjangan , dukungan rekan kerja dan lingkungan kerja: saling mendukung sesama guru, insentif dan kesejahteraan: gaji, dan kompetisi). 2) Kinerja guru berupa perencanaan seperti: RPP, silabus, bahan ajar, pelaksanaan pembelajaran: tanya jawab dan diskusi, penilaian pembelajaran atau evaluasi, kedisiplinan dan tanggungjawab: datang tepat waktu dan menyiapkan materi, hubungan sosial (komunikasi), serta pengembangan profesional: mengikuti kegiatan MGMP. 3) Peran work motivation dan kinerja guru di MTs Ihyaul Ulum Manyar Lamongan membuahkan guru-guru yang dapat mencerminkan kedisiplinan, berkualitas dalam mengajar, produktif dalam bekerja, mampu mengembangkan diri, dan dapat berkolaborasi serta loyal.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Contributors: | Contribution Name NIDN/NIY Email Thesis advisor Kusuma, Pratama Surya Bagus 2129048601 pratamasbk@alfithrah.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: motivasi, work motivation, kinerja guru. |
Subjects: | L Pendidikan > LB Teori dan Praktik Pendidikan > LB1603 Pendidikan Menengah (SMP.SMA) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Elsa Viana Dewi |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 09:55 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 09:55 |
URI: | https://erepository.alfithrah.ac.id/id/eprint/165 |