KHULUD, KHULUD (2025) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM AL AMAL SURABAYA. S1 thesis, Institut Al Fithrah (IAF) Surabaya.
![[thumbnail of ABSTRAK KHULUD_202112120515.pdf]](https://erepository.alfithrah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK KHULUD_202112120515.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI FULL KHULUD_202112120515.pdf]](https://erepository.alfithrah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FULL KHULUD_202112120515.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of CEK PLAGIASI_20212120515.pdf]](https://erepository.alfithrah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
CEK PLAGIASI_20212120515.pdf
Download (241kB)
Abstract
Khulud, NIM. 202112120515, Implementasi Manajemen Kesiswaan Dalam
Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di SMP Islam Al Amal Surabaya.
Pentingnya manajemen kesiswaan dalam membentuk karakter dan
kedisiplinan peserta didik. Di tengah tantangan pendidikan modern, seperti
rendahnya kepatuhan terhadap tata tertib, keterlambatan hadir ke sekolah, hingga
perilaku menyimpang.
Penelitian ini merumuskan tiga pertanyaan yaitu, 1) Bagaimana manajemen
kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SMP Islam Al Amal
Surabaya? 2) Bagaimana kedisiplinan peserta didik di SMP Islam Al Amal
Surabaya? 3) Bagaimana Implementasi Manajemen kesiswaan dalam
meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SMP Islam Al Amal Surabaya?
Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan metode deskriptif. Peneliti
mengumpulkan data dengan tiga metode: observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Informan dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, waka kesiswaan, guru BK,
dan wali kelas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Manajemen kesiswaan di SMP
Islam Al Amal Surabaya menunjukkan komitmen kuat dalam mendidik peserta
didik baik secara akademik maupun karakter, dengan perhatian khusus kepada anak
yatim piatu, dan anak dari keluarga yang kurang mampu. Proses penerimaan peserta
didik baru dilakukan melalui kerja sama dengan orang tua, orientasi menggunakan
sistem poin untuk menilai adaptasi peserta didik, pengembangan dan pembinaan
kedisiplinan menekankan pembiasaan dan keteladanan, meski masih ada kendala
kedisiplinan yang berujung pada kasus drop out. 2) Kedisiplinan peserta didik di
SMP Islam Al Amal Surabaya belum sepenuhnya optimal, meskipun sekolah telah
menetapkan aturan yang jelas, pelanggaran kedisiplinan masih sering terjadi. 3)
Implementasi manajemen kesiswaan di SMP Islam Al Amal Surabaya berjalan
sistematis melalui perencanaan bersama guru BK, dan waka kesiswaan.
Pengorganisasian melibatkan guru BK, OSIS, wali kelas dan waka kesiswaan,
pelaksanaan program disiplin dilakukan lewat kegiatan rutin apel pagi, sholat
dhuha, literasi pagi, dan kultum. Dan pengawasan dengan pemantauan terstruktur
dan evaluasi dilakukan setiap tiga bulan sekali.
Kata kunci: Manajemen Kesiswaan, Kedisiplinan Peserta Didik, SMP Islam Al
Amal Surabaya
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Contributors: | Contribution Name NIDN/NIY Email Thesis advisor Kusuma, Pratama Surya Bagus 2129048601 pratamasbk@alfitrah.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kesiswaan, Kedisiplinan Peserta Didik, SMP Islam Al Amal Surabaya. |
Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan Praktik Pendidikan > LB1603 Pendidikan Menengah (SMP.SMA) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Khulud Khulud |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 09:57 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 09:57 |
URI: | https://erepository.alfithrah.ac.id/id/eprint/167 |