Firdaus, Royhan (2025) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMP ATTARBIYAH SURABAYA. S1 thesis, Institut Al Fithrah (IAF) Surabaya.
![[thumbnail of Royhan Firdaus_2022112120488.pdf]](https://erepository.alfithrah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Royhan Firdaus_2022112120488.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of ABSTRAK_202112120488.pdf]](https://erepository.alfithrah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK_202112120488.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of CEK PLAGIASI_202112120488.pdf]](https://erepository.alfithrah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
CEK PLAGIASI_202112120488.pdf
Download (424kB)
Abstract
Royhan Firdaus, NIM. 202112120488, Implementasi Manajemen Kurikulum
dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMP Attarbiyah Surabaya
Kurikulum merupakan alat utama dalam merancang proses pendidikan dan
memiliki peran penting dalam pembentukan karakter siswa. Implementasi
manajemen kurikulum yang baik memungkinkan nilai-nilai karakter seperti
kejujuran, tanggung jawab, kedisiplinan, dan rasa hormat dapat terintegrasi dalam
seluruh aktivitas pembelajaran.
Penelitian ini merumuskan dua pertanyaan utama yaitu: 1) Bagaimana
implementasi manajemen kurikulum dalam pembentukan karakter siswa di SMP
Attarbiyah Surabaya, 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan
manajemen kurikulum dalam pembentukan karakter siswa di SMP Attarbiyah
Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.
Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu
menggambarkan dan memaparkan data secara sistematis, ringkas, dan objektif
sesuai dengan fenomena yang terjadi di lapangan.
Penelitian ini menunjukkan: 1) implementasi manajemen kurikulum dalam
pembentukan karakter siswa dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan,
dan evaluasi yang mengacu pada visi dan misi sekolah, 2) faktor pendukung
pelaksanaan antara lain adanya visi-misi yang jelas, budaya sekolah yang religius,
kolaborasi antar guru, dan lingkungan belajar yang kondusif, sedangkan faktor
penghambat meliputi keterbatasan waktu, kurangnya pelatihan guru dalam
pendidikan karakter, dan latar belakang keluarga siswa yang beragam. Dapat
disimpulkan bahwa implementasi manajemen kurikulum berperan penting dalam
pembentukan karakter siswa dan perlu didukung oleh seluruh elemen sekolah untuk
tujuan pendidikan karakter dapat tercapai secara optimal.
Kata Kunci: Implementasi, Manajemen Kurikulum, Pembentukan Karakter.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Contributors: | Contribution Name NIDN/NIY Email Thesis advisor Imawan, Aris 2108128101 nawamisira@yahoo.co.id |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Manajemen Kurikulum, Pembentukan Karakter. |
Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan Praktik Pendidikan > LB1603 Pendidikan Menengah (SMP.SMA) L Pendidikan > LF Institusi Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Royhan Firdaus |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 02:58 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 02:58 |
URI: | https://erepository.alfithrah.ac.id/id/eprint/169 |