Nurzal, Muhammad Azham Thoriq (2025) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD/MI PADA KURIKULUM MERDEKA. S1 thesis, Institut Al Fithrah (IAF) Surabaya.
![[thumbnail of ABSTRAK_202112126104.pdf]](https://erepository.alfithrah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK_202112126104.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of MUHAMMAD AZHAM THORIQ NURZAL_202112126104.pdf]](https://erepository.alfithrah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MUHAMMAD AZHAM THORIQ NURZAL_202112126104.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of CEK PLAGIASI_202112126104.pdf]](https://erepository.alfithrah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
CEK PLAGIASI_202112126104.pdf
Download (455kB)
Abstract
Muhammad Azham Thoriq Nurzal, NIM. 202112126104, Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD/MI pada Kurikulum Merdeka
Gaya belajar berperan penting dalam memengaruhi efektivitas proses pembelajaran dan capaian hasil belajar peserta didik. Kurikulum Merdeka berorientasi pada pembelajaran berdiferensiasi dengan titik pusat pada peserta didik, pemahaman terhadap gaya belajar menjadi semakin relevan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa pada Kurikulum Merdeka di MI Nurul Yaqin Surabaya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan teknik pengumpulan data melalui angket gaya belajar model Visual, Auditori, dan Kinestetik (VAK) serta dokumentasi nilai hasil belajar matematika pada semester gasal tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian berjumlah 38 siswa kelas V, yang dipilih dengan teknik stratified random sampling. Berdasarkan hasil kuesioner, gaya belajar kinestetik menjadi dominan dengan persentase 50%, diikuti visual 34,21%, dan auditori 15,79%. Hasil analisis data dengan uji korelasi Pearson menunjukkan nilai signifikansi 0,532 (> 0,05) dengan koefisien korelasi sebesar 0,105. Temuan ini mengindikasikan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan antara gaya belajar dan hasil belajar matematika siswa. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,011 memperlihatkan bahwa gaya belajar hanya berkontribusi sebesar 1,1% terhadap hasil belajar, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Simpulan dari hasil analisis menunjukkan bahwa gaya belajar bukan merupakan faktor dominan dalam memengaruhi hasil belajar matematika, sehingga variabel lain di luar gaya belajar lebih berperan dalam menentukan pencapaian siswa di MI Nurul Yaqin Surabaya. Faktor lain seperti motivasi, lingkungan belajar, dan metode pengajaran kemungkinan memiliki peran yang lebih signifikan dan perlu diteliti lebih lanjut.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Contributors: | Contribution Name NIDN/NIY Email Thesis advisor Diana, Risma Firda 2108039302 rismafirdiamtk@gmail.com |
Uncontrolled Keywords: | Gaya Belajar, Hasil Belajar, Matematika, Kurikulum Merdeka |
Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan Praktik Pendidikan > LB1501 Pendidikan Dasar (SD) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyah |
Depositing User: | Muhammad Azham Thoriq Nurzal |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 07:32 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 07:32 |
URI: | https://erepository.alfithrah.ac.id/id/eprint/180 |