Hakim, Irfan Amirul (2025) IMPLEMENTASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN DI SMK WACHID HASYIM 1 SURABAYA. S1 thesis, Institut Al Fithrah (IAF) Surabaya.
![[thumbnail of ABSTRAK_202112120494.pdf]](https://erepository.alfithrah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK_202112120494.pdf
Download (810kB)
![[thumbnail of IRFAN AMIRUL HAKIM_202112120494.pdf]](https://erepository.alfithrah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
IRFAN AMIRUL HAKIM_202112120494.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of CEK PLAGIASI_202112120494.pdf]](https://erepository.alfithrah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
CEK PLAGIASI_202112120494.pdf
Download (354kB)
Abstract
Irfan Amirul Hakim, NIM. 202112120494, Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pendidikan di SMK Wachid Hasyim 1 Surabaya.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran sarana dan prasarana dalam menunjang proses pembelajaran yang berkualitas. Di SMk Wachid Hasyim 1 Surabaya, Kualitas pelayanan pendidikan tidak hanya ditentukan oleh kurikulum dan tenaga pendidik, tetapi juga didukung oleh ketersediaan serta pengelolaan sarana dan prasarana yang memadai. Pengelolaan yang baik dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaiamana Implementasi sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan di SMK Wachid Hasyim 1 Surabaya? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan di SMK Wachid Hasyim Surabaya
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, waka sarpras, dan peserta didik. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data hingga penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)Pengelolaan sarana dan prasarana di SMK Wachid Hasyim 1 Surabaya telah berjalan cukup baik. Hal ini terlihat dari adanya perencanaan melalui rapat kerja tahunan, pengadaan berdasarkan skala prioritas dalam RKAS, pemanfaatan sarana seperti LCD proyektor, perpustakaan digital, laboratorium, dan ruang multimedia, serta adanya perawatan dan evaluasi secara berkala serta Pelayanan pendidikan di SMK Wachid Hasyim 1 Surabaya tergolong baik, hal ini ditandai dengan tenaga pendidik yang berkualitas, budaya sekolah yang positif, serta pengakuan eksternal melalui akreditasi A (Unggul) dengan skor 94 dari BAN-S/M tahun 2022. 2)Faktor pendukung Implementasi manajemen sarana dan prasarana di SMK Wachid Hasyim 1 Surabaya pun tergolong cukup baik, hingga memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan pelayanan pendidikan, mulai dari tatanan staff yang kompak, sampai siswa yang penuh kesadaran menjaga sarana dan prasarana di SMK Wachid Hasyim 1 surabaya, Faktor penghambat yang tidak terlalu signifikan pun ditunjukkan mulai dari keterbatasan anggaran untuk menambah jumlah sampai dengan kurangnya para pengelola.
Kata Kunci: Pengelolaan Sarana dan Prasarana, Kualitas Pelayanan Pendidikan, Faktor pendukung dan Faktor penghambat,SMK Wachid Hasyim 1 Surabaya
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Contributors: | Contribution Name NIDN/NIY Email Thesis advisor Mastur, Ali 12108054 ali.mastur123@gmail.com |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Sarana dan Prasarana, Kualitas Pelayanan Pendidikan, SMK Wachid Hasyim 1 Surabaya |
Subjects: | L Pendidikan > LB Teori dan Praktik Pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan Praktik Pendidikan > LB2300 Pendidikan Tinggi. Sekolah Tinggi L Pendidikan > LD Intitutsi Pendidikan (Wilayah) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Irfan Amirul Hakim |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 05:23 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 05:23 |
URI: | https://erepository.alfithrah.ac.id/id/eprint/185 |