RAMANDITA, NUR CHASANATI INDRIYASWARI (2025) KREATIFITAS GURU DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN UNGGUL DI MI AL FITHRAH SURABAYA. S1 thesis, Institut Al Fithrah (IAF) Surabaya.
![[thumbnail of ABSTRAK_202112126095.pdf]](https://erepository.alfithrah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK_202112126095.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of NUR CHASANATI INDRIYASWARI RAMANDITA_202112126095.pdf]](https://erepository.alfithrah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NUR CHASANATI INDRIYASWARI RAMANDITA_202112126095.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of PLAGIASI_202112126095.pdf]](https://erepository.alfithrah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PLAGIASI_202112126095.pdf
Download (453kB)
Abstract
Nur Chasanati Indriyaswari Ramandita, 202112126095, Kreatifitas Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Unggul di MI Al Fithrah Surabaya
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kreativitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran unggul di MI Al Fithrah Surabaya. Latar belakang penelitian ini berangkat dari pentingnya media pembelajaran sebagai sarana untuk meningkatkan efektivitas proses belajar-mengajar, terlebih dalam konteks Kurikulum Merdeka yang menekankan pada pembelajaran aktif, menyenangkan, dan berpusat pada siswa. MI Al Fithrah Surabaya telah menerapkan program media pembelajaran unggul, yaitu kewajiban bagi setiap guru untuk menciptakan media pembelajaran mandiri setiap bulannya yang tidak bergantung pada platform eksternal seperti YouTube. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di MI Al Fithrah mampu menciptakan media yang kreatif, variatif, dan sesuai dengan kebutuhan karakteristik siswa, khususnya di kelas 6 yang menjadi fokus utama penelitian. Faktor pendukung kreativitas guru meliputi dukungan kelembagaan, pelatihan rutin, dan lingkungan kerja yang kolaboratif. Sementara itu, kendala yang dihadapi mencakup keterbatasan waktu, akses teknologi, dan tingkat keterampilan yang belum merata di antara guru. Penggunaan media pembelajaran unggul terbukti berdampak positif terhadap antusiasme belajar siswa, keterlibatan dalam proses pembelajaran, serta peningkatan pemahaman materi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kreativitas guru sangat berperan dalam mendesain pembelajaran yang efektif dan menyenangkan melalui media yang inovatif, relevan, dan aplikatif.
Kata Kunci: Kreatifitas Guru, Media Pembelajaran Unggul, Pembelajaran Inovatif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Contributors: | Contribution Name NIDN/NIY Email Thesis advisor Taufiq, Moh 2130128702 Moh.Taufiq@gmail.com |
Uncontrolled Keywords: | Kreatifitas Guru, Media Pembelajaran Unggul, Pembelajaran Inovatif. |
Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan Praktik Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyah |
Depositing User: | NUR CHASANATI INDRIYASWARI RAMANDITA |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 08:08 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 08:08 |
URI: | https://erepository.alfithrah.ac.id/id/eprint/189 |