IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM SEBAGAI UPAYA STRATEGIS PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI PENDIDIKAN DINIYAH FORMAL (PDF) ULYA AL FITHRAH SURABAYA

Fatahillah, Ikhsan (2025) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM SEBAGAI UPAYA STRATEGIS PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI PENDIDIKAN DINIYAH FORMAL (PDF) ULYA AL FITHRAH SURABAYA. S1 thesis, Institut Al Fithrah (IAF) Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK_202112120499.pdf] Text
ABSTRAK_202112120499.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of IKHSAN FATAHILLAH_202112120499.pdf] Text
IKHSAN FATAHILLAH_202112120499.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of CEK PLAGIASI_202112120499.pdf] Text
CEK PLAGIASI_202112120499.pdf

Download (292kB)

Abstract

Implementasi manajemen kurikulum memiliki peranan yang sangat penting dalam upaya strategis peningkatan mutu pendidikan di lembaga pendidikan, termasuk di Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Ulya Al Fithrah Surabaya.
Kurikulum sebagai landasan utama dalam proses pembelajaran harus dikelola dengan baik agar tujuan pendidikan dapat tercapai secara optimal. Dalam konteks ini, manajemen kurikulum mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum secara sistematis. Pengelolaan yang tepat akan memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan mutu pendidikan, baik dari sisi kompetensi guru, ketersediaan perangkat pembelajaran, hingga proses belajar mengajar yang lebih efektif.
Penelitian ini memuat tiga rumusan masalah, yaitu: (1) Bagaimana implementasi manajemen kurikulum di PDF Ulya Al Fithrah Surabaya? (2) Bagaimana upaya peningkatan mutu pendidikan di PDF Ulya Al Fithrah Surabaya? (3) Bagaimana implementasi manajemen kurikulum sebagai upaya strategis peningkatan mutu pendidikan di PDF Ulya Al Fithrah Surabaya?
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan tujuan untuk menggambarkan realitas yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara mendalam.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi manajemen kurikulum di PDF Ulya Al Fithrah Surabaya telah berjalan dengan baik, ditandai dengan adanya perangkat pembelajaran seperti silabus dan RPP yang disusun berdasarkan kurikulum Kementerian Agama serta kebutuhan khas pesantren. Kurikulum dilaksanakan secara terpadu oleh guru dan dipantau oleh tim manajemen kurikulum melalui evaluasi rutin berupa ulangan, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester. (2) Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, lembaga melakukan berbagai strategi seperti pelatihan guru, perbaikan fasilitas belajar, serta penguatan karakter santri melalui kegiatan pendukung yang bernuansa keagamaan dan akademik. (3) Implementasi manajemen kurikulum sebagai upaya strategis peningkatan mutu pendidikan dilakukan melalui tiga tahap utama, yaitu perencanaan yang melibatkan tim kurikulum dalam merancang materi ajar, pelaksanaan yang terstruktur dan terjadwal berdasarkan kalender akademik, serta evaluasi berkala yang bertujuan untuk mengukur efektivitas kurikulum. Faktor pendukung dari proses ini antara lain semangat kolaboratif antara guru dan pimpinan lembaga, kesiapan perangkat ajar, serta antusiasme santri dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
Contribution
Name
NIDN/NIY
Email
Thesis advisor
Al Arif, Faiz
2128047501
faizyunior@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Implementasi Manajemen Kurikulum, Peningkatan Mutu, Pendidikan Diniyah Formal, PDF Ulya Al Fithrah.
Subjects: L Pendidikan > LB Teori dan Praktik Pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan Praktik Pendidikan > LB1603 Pendidikan Menengah (SMP.SMA)
L Pendidikan > LB Teori dan Praktik Pendidikan > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ikhsan Fatahillah
Date Deposited: 10 Oct 2025 14:33
Last Modified: 10 Oct 2025 14:33
URI: https://erepository.alfithrah.ac.id/id/eprint/197

Actions (login required)

View Item
View Item