Implementasi Manajemen Strategi Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur`an Peserta Didik Di SMPI Al Amal Surabaya

Nisya, Choirun (2025) Implementasi Manajemen Strategi Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur`an Peserta Didik Di SMPI Al Amal Surabaya. S1 thesis, Institut Al Fithrah (IAF) Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK_202112120511.pdf] Text
ABSTRAK_202112120511.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of CHOIRUN NISYA_202112120511.pdf] Text
CHOIRUN NISYA_202112120511.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of CEK PLAGIASI_202112120511 (2).pdf] Text
CEK PLAGIASI_202112120511 (2).pdf

Download (338kB)

Abstract

Choirun Nisya, NIM 202112120511, Implementasi Manjemen Strategi Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur`an Peserta Didik Di SMPI Al Amal Surabaya.
Permasalahan rendahnya kualitas bacaan Al-Qur’an peserta didik di berbagai lembaga pendidikan mendorong perlunya strategi pembelajaran yang tepat dan terstruktur. Salah satu strategi yang diterapkan adalah metode Ummi yang dikenal dengan pendekatan klasikal individual dan sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen strategi metode Ummi dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an peserta didik di SMPI Al Amal Surabaya.
Observasi yang dilakukan oleh peneliti mendapatkan tiga hal yang dijadikan sebagai rumusan masalah 1) Bagaimana manajemen strategi metode Ummi di SMPI Al Amal Surabaya?, (2) Bagaimana kualitas bacaan Al-Qur’an peserta didik di SMPI Al Amal Surabaya? dan (3) Bagaimana implementasi manajemen strategi metode ummi dalam meningkatkan kualitas baca al-qur`an peserta didik di SMPI Al Amal Surabaya?
Dari rumusan masalah yang didapatkan, Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data untuk menyelesaikannya. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah menjelaskan atau menggambarkan seluruh kejadian yang terjadi pada penelitian serta memberikan pemahaman mendalam tentang Implementasi Manjemen Strategi Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur`an Peserta Didik Di SMPI Al Amal Surabaya. Peneliti mengumpulkan data dengan tiga cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) manajemen strategi metode ummi di SMPI Al Amal Surabaya telah dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi yang sistematis dan terstruktur. 2)kualitas baca al-quran peserta didik di SMPI Al Amal Surabaya tergolong baik dan menunjukkan peningkatan signifikan setiap tahunnya. Mayoritas siswa kelas akhir (kelas 9) berhasil menyelesaikan seluruh jilid pembelajaran Ummi dan lulus munaqosyah dengan hasil baik hingga sangat baik. Peningkatan kualitas ini tercermin dari kemampuan siswa membaca Al-Qur’an dengan tartil, makhraj dan tajwid yang tepat, serta meningkatnya kepercayaan diri dalam membaca Al-Qur’an. 3)Implementasi manajemen strategi metode ummi terbukti memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan kualitas baca al-quran peserta didik. Dengan perencanaan yang matang, pengelolaan guru yang kompeten, dan sistem evaluasi yang berkelanjutan, proses pembelajaran al-quran menjadi lebih efektif dan terarah.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
Contribution
Name
NIDN/NIY
Email
Thesis advisor
Mastur, Ali
2101018204
ali.mastur123@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi, Metode Ummi, Kualitas Bacaan Al-Qur’an, SMPI Al Amal Surabaya.
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan Praktik Pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan Praktik Pendidikan > LB1603 Pendidikan Menengah (SMP.SMA)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Choirun Nisya
Date Deposited: 11 Oct 2025 06:20
Last Modified: 11 Oct 2025 06:20
URI: https://erepository.alfithrah.ac.id/id/eprint/201

Actions (login required)

View Item
View Item