Muslim, Fildzah Sugita (2025) Manajemen Layanan Khusus OSIS Dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Siswa di MTs Nurul Hikmah Surabaya. S1 thesis, Institut Al Fithrah (IAF) Surabaya.
![[thumbnail of ABSTRAK_202112120510.pdf]](https://erepository.alfithrah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK_202112120510.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of FILDZAH SUGITA MUSLIM_202112120510.pdf]](https://erepository.alfithrah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FILDZAH SUGITA MUSLIM_202112120510.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of CEK PLAGIASI_202112120510.pdf]](https://erepository.alfithrah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
CEK PLAGIASI_202112120510.pdf
Download (280kB)
Abstract
Fildzah Sugita Muslim, NIM 202112120510, Peran Manajemen Layanan Khusus OSIS Dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Siswa di MTs Nurul Hikmah Surabaya.
Manajemen layanan khusus merupakan salah satu kegiatan penunjang yang mendukung serta memberikan kenyamanan kepada peserta didik dalam proses kegiatan pembelajaran. Dengan adanya layanan khusus Organisasi Siswa Intra Sekolah para peserta didik diharapkan mampu menumbuhkan dan membentuk jiwa-jiwa muda yang berkarakter kepemimpinan. Dengan berkarakter kepemimpinan yang dilandaskan dengan ajaran agama Islam.
Observasi yang dilakukan oleh peneliti mendapatkan dua hal yang dijadikan sebagai rumusan masalah (1) Bagaimana Peran Manajemen Layanan Khusus OSIS Dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Siswa di MTs Nurul Hikmah Surabaya?, (2) Apa Faktor Pendukung dan Penghambat Manajemen Layanan Khusus OSIS Dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Siswa di MTs Nurul Hikmah Surabaya?.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah menjelaskan atau menggambarkan seluruh kejadian yang terjadi pada penelitian serta memberikan pemahaman mendalam tentang Peran Manajemen Layanan Khusus OSIS Dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan di MTs Nurul Hikmah Surabaya. Peneliti mengumpulkan data dengan tiga cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran Manajemen Layanan Khusus OSIS Dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Siswa, sudah berjalan cukup baik. Dalam kegiatan manajemen ini terdapat 4 komponen yaitu: perencanaan yang sudah cukup matang, mulai dari persiapan fasilitas, tempat menyimpan data dan juga sumber daya manusia yang inovatif, pelaksanaan dari beberapa divisi yang memiliki program kerja masing-masing dengan dukungan dari pihak Madrasah serta Pembina OSIS, pengawasan yang dilakukan kurang cukup baik, karena pemegang kewenangan juga punya kesibukan masing-masing, evaluasi dilakukan setelah pelaksanaan kegiatan selesai, di setiap rapat pertemuan. (2) Faktor Pendukung dan Penghambat Peran Manajemen Layanan Khusus OSIS Dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Siswa, dibagi menjadi 2 yaitu: a) faktor pendukung internal dan eksternal, b) faktor penghambat internal dan eksternal. Faktor pendukung internal berasal dari OSIS seperti tersedianya fasilitas untuk memenuhi kebutuhan OSIS. Adapun faktor pendukung eksternal adalah orang tua, teman sebaya, dan guru. Faktor penghambat internal adalah kurangnya pemahaman anak-anak OSIS dalam hal kedewasaan, adapula faktor penghambat eksternal yaitu kurangnya dukungan dan pemahaman orang tua kepada anaknya, pergaulan teman di luar lingkungan madrasah, kurangya pendanaan dapat menjadi pengaruh besar dalam melaksanakan setiap kegiatan yang dilakukan oleh OSIS.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Contributors: | Contribution Name NIDN/NIY Email Thesis advisor Mastur, Ali 210108204 ali.mastur123@gmail.com |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Layanan Khusus, Karakter Kepemimpinan, dan MTs Nurul Hikmah Surabaya. |
Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan Praktik Pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan Praktik Pendidikan > LB1603 Pendidikan Menengah (SMP.SMA) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | FILDZAH SUGITA MUSLIM |
Date Deposited: | 11 Oct 2025 06:20 |
Last Modified: | 11 Oct 2025 06:20 |
URI: | https://erepository.alfithrah.ac.id/id/eprint/202 |