Firdaus, Ismatul Maula (2025) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM OPTIMALISASI SARANA PRASARANA DI MTS SUNAN AMPEL SURABAYA. S1 thesis, Institut Al Fithrah (IAF) Surabaya.
![[thumbnail of ABSTRAK_202112120503.pdf]](https://erepository.alfithrah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK_202112120503.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of ISMATUL MAULA FIRDAUS_202112120503.pdf]](https://erepository.alfithrah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ISMATUL MAULA FIRDAUS_202112120503.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of CEK PLAGIASI_202112120503.pdf]](https://erepository.alfithrah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
CEK PLAGIASI_202112120503.pdf
Download (234kB)
Abstract
Ismatul Maula Firdaus, NIM. 202012120503, Strategi Kepala Sekolah Dalam Optimalisasi Sarana Prasarana di MTs Sunan Ampel Surabaya.
Strategi dapat dipahami sebagai seni penggunaan rencana untuk mencapai tujuan. Kepala sekolah, sebagai figur sentral di madrasah, dituntut mampu berperan sebagai edukator, manajer, administrator, sekaligus supervisor. Optimalisasi dalam konteks ini merujuk pada upaya memaksimalkan pemanfaatan sumber daya yang tersedia agar pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan mencapai hasil terbaik. Sarana dan prasarana pendidikan memiliki peranan penting dalam menjamin proses belajar mengajar berjalan efektif, efisien, dan berkesinambungan.
Skripsi ini merumuskan dua pertanyaan yaitu: 1)Bagaimana Strategi Kepala Sekolah dalam Optimalisasi Sarana Prasarana di MTs Sunan Ampel Surabaya?, 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi kepala sekolah dalam optimalisasi sarana prasarana di MTs Sunan Ampel Surabaya?
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data utama diperoleh dari kepala sekolah MTs Sunan Ampel Surabaya, dengan analisis menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Skripsi ini menghasilkan beberapa temuan di antaranya: 1) Kepala sekolah menerapkan berbagai strategi, meliputi perencanaan berbasis kebutuhan, pemanfaatan sarana secara efisien, pemeliharaan rutin, kolaborasi dengan komite sekolah dan masyarakat, serta inovasi melalui sistem inventarisasi digital. (2) Faktor pendukung strategi tersebut antara lain kepemimpinan visioner, kerja sama tim, dan pemanfaatan teknologi. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi keterbatasan anggaran, kurangnya sumber daya manusia yang kompeten, serta rendahnya partisipasi masyarakat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Contributors: | Contribution Name NIDN/NIY Email Thesis advisor Al Arif, Muhammad Faiz 2128047501 faizyunior@gmail.com |
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Kepala Sekolah, Sarana Prasarana, Optimalisasi, MTs Sunan Ampel Surabaya. |
Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan Praktik Pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan Praktik Pendidikan > LB1603 Pendidikan Menengah (SMP.SMA) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email it@alfithrah.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 07:25 |
Last Modified: | 13 Oct 2025 07:25 |
URI: | https://erepository.alfithrah.ac.id/id/eprint/205 |