Fatkhullah, Muhammad Kamal (2024) Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Menarik Minat Peserta Didik Baru di SMA Ta'miriyah Surabaya. S1 thesis, Institut Al Fithrah (IAF) Surabaya.
ABSTRAK_202012120432.pdf
Download (3MB)
MUHAMMAD KAMAL FATKHULLAH_202012120432.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (23MB) | Request a copy
ARTIKEL TUGAS AKHIR_202012120432.pdf
Download (407kB)
CEK PLAGIASI (TURNITIN)_202012120432.pdf
Download (37kB)
Abstract
ABSTRAK
Muhammad Kamal Fatkhullah, NIM. 202012120432, Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Menarik Minat Peserta Didik Baru di SMA Ta’miriyah Surabaya
Pemasaran, dalam dunia pendidikan tentunya tidak asing lagi, di era sekarang hampir setiap lembaga pendidikan melakukan kegiatan pemasaran atau marketing pendidikan. Setiap lembaga pendidikan saling berlomba-lomba untuk menunjukkan bahwa lembaganya bisa lebih unggul dan menonjol, tujuan utamanya untuk menarik minat para calon siswa yang berkualitas untuk bergabung dan memenuhi target kuota pendaftaran siswa baru. Bukan hanya tentang memperoleh siswa baru saja tetapi juga untuk membuktikan dan mempertahankan reputasinya sebagai penyedia jasa pendidikan yang berkualitas dan unggul. Pemasaran yang baik membutuhkan strategi yang terkelola dan terkonsep dengan matang agar bisa mewujudkan hasil yang diharapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan membahas secara rinci tentang “Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Menarik Minat Peserta Didik Baru di SMA Ta’miriyah Surabaya” di dalam penelitian ini terdapat dua rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana strategi pemasaran pendidikan dalam menarik minat peserta didik baru di SMA Ta’miriyah Surabaya? (2) Apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dari kegiatan pemasaran pendidikan dalam menarik minat peserta didik baru di SMA Ta’miriyah Surabaya?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Merupakan penelitian lapangan (field research) yang dilaksanakan di SMA Ta’miriyah Surabaya. Pengumpulan data dilakukan melalui studi observasi, wawancara serta dokumentasi di lokasi objek penelitian. Selain itu penelitian ini menggunakan studi pustaka yang dijadikan referensi data.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) SMA Ta’miriyah telah melaksanakan kegiatan pemasaran dengan baik dan terkonsep melalui beberapa strategi meliputi segmentasi pasar, targetting, positioning dan memperkuat bauran pemasaran sekolah. (2) Dalam melakukan kegiatan pemasarannya, SMA Ta’miriyah memiliki beberapa faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung meliputi kepercayaan sekolah, tersedianya Sumber Daya Manusia (SDM), biaya operasional dan citra baik sekolah di masyarakat. Sedangkan faktor penghambat meliputi tolakan sekolah luar untuk dikunjungi guna sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), terbatasnya waktu sosialisasi yang diberikan dan dalam waktu tertentu Sumber Daya Manusia (SDM) kurang mencukupi.
Kata Kunci: Strategi, Pemasaran Pendidikan, SMA Ta’miriyah Surabaya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Contributors: | Contribution Name NIDN/NIY Email Thesis advisor Mastur, Ali 2101018204 alimastur159@gmail.com |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Strategi, Pemasaran Pendidikan, SMA Ta’miriyah Surabaya. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | KAMAL FATKHULLAH MUHAMMAD |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 09:43 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 09:43 |
URI: | https://erepository.alfithrah.ac.id/id/eprint/21 |