PERAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM ISLAM TERPADU DI SMP IT AL USWAH SURABAYA

Latifah, Arifatul (2025) PERAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM ISLAM TERPADU DI SMP IT AL USWAH SURABAYA. S1 thesis, Institut Al Fithrah (IAF) Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK_202112120477..pdf] Text
ABSTRAK_202112120477..pdf

Download (799kB)
[thumbnail of ARIFATUL LATIFAH_202112120477..pdf] Text
ARIFATUL LATIFAH_202112120477..pdf

Download (3MB)
[thumbnail of CEK PLAGIASI_202112120477..pdf] Text
CEK PLAGIASI_202112120477..pdf

Download (198kB)

Abstract

Arifatul Latifah, NIM. 2021121220477, Peran Sumber Daya Manusia Dalam Mendukung Implementasi Kurikulum Islam Terpadu Di SMP IT Al Uswah Surabaya. Kurikulum Islam Terpadu merupakan pendekatan pendidikan yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam ke dalam seluruh aspek pembelajaran dan kegiatan sekolah, baik secara akademik maupun spiritual. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran SDM sebagai faktor kunci dalam keberhasilan penerapan kurikulum terpadu Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua rumusan masalah, yaitu: (1) Bagaimana sumber daya manusia di SMP IT Al Uswah Surabaya; (2) Bagaimana peran sumber daya manusia dalam mendukung implementasi kurikulum Islam terpadu di SMP IT Al Uswah Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru, dan staf tata usaha. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) SDM di SMP IT Al Uswah terdiri dari tenaga pendidik dan kependidikan yang cukup memadai dan ditempatkan sesuai bidangnya. Rekrutmen dilakukan ketat dengan menekankan kemampuan akademik dan keislaman, seperti membaca Al-Qur’an, hafalan, dan pembiasaan Islami. Pengembangan SDM terus dilakukan melalui pelatihan, pembinaan ruhiyah, dan rotasi tugas. Budaya kerja sekolah bercirikan Islami, terlihat dari shalat berjamaah, tilawah pagi, doa bersama, kajian, serta kegiatan Bina Pribadi Islami. (2) Kepala sekolah di SMP IT Al Uswah berperan sebagai pemimpin yang menetapkan kebijakan, membina ruhiyah guru, mengawasi proses pembelajaran, serta menjadi teladan bagi warga sekolah. Wakil kepala sekolah bidang kurikulum mendukung dari sisi teknis dengan memvalidasi perangkat ajar, melakukan supervisi, membina guru, memfasilitasi forum MGMP, dan mengembangkan kurikulum melalui inovasi digital. Guru sebagai ujung tombak pembelajaran tidak hanya mengajar materi akademik, tetapi juga menanamkan nilai-nilai Islam, membimbing ibadah siswa, dan memberi teladan akhlak yang baik. Sementara itu, staf tata usaha berperan dalam mendukung administrasi sekolah melalui pengelolaan data, penyusunan dokumen, serta turut berkontribusi dalam kegiatan Islami.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
Contribution
Name
NIDN/NIY
Email
Thesis advisor
Sholihin, Choirus
2128028001
choirussholihin@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Manajemen SDM, Kurikulum Islam Terpadu, SMP IT Al Uswah Surabaya.
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan Praktik Pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan Praktik Pendidikan > LB1603 Pendidikan Menengah (SMP.SMA)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email it@alfithrah.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:33
Last Modified: 21 Oct 2025 02:33
URI: https://erepository.alfithrah.ac.id/id/eprint/210

Actions (login required)

View Item
View Item