LIYANA, LIYANA (2025) IMPLEMENTASI MANAJEMEN LAYANAN KHUSUS BIMBINGAN KONSELING DALAM PENINGKATAN AKHLAK SISWA SMPN 8 SURABAYA. S1 thesis, Institut Al Fithrah (IAF) Surabaya.
![[thumbnail of ABSTRAK_202112120496..pdf]](https://erepository.alfithrah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK_202112120496..pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of LIYANA_202112120496..pdf]](https://erepository.alfithrah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LIYANA_202112120496..pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of CEK PLAGIASI_202112120496..pdf]](https://erepository.alfithrah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
CEK PLAGIASI_202112120496..pdf
Download (395kB)
Abstract
Liyana, 202112120496, Implementasi Manajemen Layanan Khusus Bimbingan Konseling Dalam Peningkatan Akhlak Siswa Smpn 8 Surabaya
Pendidikan berperan penting dalam membentuk akhlak siswa, terutama di jenjang SMP yang merupakan masa transisi menuju remaja. SMPN 08 Surabaya, ditemukan berbagai permasalahan akhlak seperti keterlambatan, ketidakhadiran, hingga perilaku kurang sopan. Sekolah berupaya mengatasinya melalui layanan bimbingan konseling, namun masih terdapat kendala dalam manajemennya. Oleh karena itu, diperlukan implementasi manajemen layanan BK yang optimal untuk meningkatkan akhlak siswa secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi manajemen layanan khusus bimbingan konseling dalam meningkatkan akhlak siswa.
Pada penelitian ini memuat 3 rumusan masalah yaitu, (1) bagaimana manajemen layanan khusus bimbingan konseling di SMPN 8 Surabaya? (2) bagaimana upaya peningkatan akhlak siswa di SMPN 8 Surabaya? (3) bagaimana implementasi manajemen layanan khusus bimbingan konseling dalam meningkatkan akhlak siswa di SMPN 8 Surabaya?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari guru BK, wali kelas, siswa, dan pemantik (konselor sebaya).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Manajemen layanan khusus BK di SMPN 08 Surabaya berjalan sistematis melalui identifikasi kebutuhan, perencanaan, analisis data, koordinasi wali kelas, dan penyusunan program sesuai kalender akademik, serta evaluasi secara berkala 2) Strategi pelaksanaan meliputi pemantauan melalui konselor sebaya (pemantik), pendekatan personal melalui home visit, serta kolaborasi lintas pihak.3) Peningkatan akhlak siswa diwujudkan melalui program Jum’at Religi, Sholat Dhuha Bersama, dan Persekutuan Doa, yang menanamkan nilai disiplin, tanggung jawab, empati, dan kejujuran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Contributors: | Contribution Name NIDN/NIY Email Thesis advisor Al Arif, M. Faiz 2128047501 m.faiz@alfithrah.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Bimbingan Konseling, Akhlak Siswa. |
Subjects: | L Pendidikan > LB Teori dan Praktik Pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan Praktik Pendidikan > LB1603 Pendidikan Menengah (SMP.SMA) L Pendidikan > LB Teori dan Praktik Pendidikan > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email it@alfithrah.ac.id |
Date Deposited: | 22 Oct 2025 02:01 |
Last Modified: | 22 Oct 2025 02:01 |
URI: | https://erepository.alfithrah.ac.id/id/eprint/211 |