Implementasi Keterampilan Abad 21 pada Kurikulum Merdeka Melalui Pembelajaran IPS di MI Al Fithrah Surabaya

MARAQONITATILLAH, MARAQONITATILLAH, (2024) Implementasi Keterampilan Abad 21 pada Kurikulum Merdeka Melalui Pembelajaran IPS di MI Al Fithrah Surabaya. S1 thesis, Institut Al Fithrah (IAF) Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK_202012126091..pdf] Text
ABSTRAK_202012126091..pdf

Download (720kB)
[thumbnail of MARAQONITATILLAH_202012126091.pdf] Text
MARAQONITATILLAH_202012126091.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Artkel Tugas Akhir_202012126091.pdf] Text
Artkel Tugas Akhir_202012126091.pdf

Download (595kB)
[thumbnail of CEK PLAGIASI(Turnitin)_202012126091.pdf] Text
CEK PLAGIASI(Turnitin)_202012126091.pdf

Download (28MB)

Abstract

Keterampilan 4C, yang mencakup dari keterampilan berpikir kritis, kreatif, kolaborasi, dan komunikasi, penting dalam membantu siswa dalam beradaptasi dengan perubahan zaman saat ini. Menghadapi tantangan ini, sektor pendidikan mempunyai peran dan tanggung jawab yang lebih besar. Berbagai terobosan baru dilakukan oleh pemerintah, yakni diperkenalkannya kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa melalui pembelajaran yang lebih bermakna dan berorientasi pada kebutuhan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan implementasi keterampilan abad 21 pada kurikulum merdeka melalui pembelajaran IPS di MI Al Fithrah Surabaya serta faktor penghambat dan pendukung yang mempengaruhinya. Metode peneltitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data penelitian ini, adalah waka kurikulum, guru Kelas 5 dan IPAS, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum merdeka melalui pembelajaran IPS di MI Al Fithrah dapat membentuk dan meningkatkan keterampilan 4C siswa. Implementasi keterampilan abad 21 pada kurikulum merdeka melalui pembelajaran IPS ada beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pembelajaran IPS yang berorientasi pada kurikulum merdeka memungkinkan siswa untuk berpikir kritis, bekerja sama, komunikasi, dan kreatif dalam menghadapi permasalahan di lingkungannya. Faktor penghambat yang ditemukan adalah kurangnya penekanan orang tua terhadapan keterampilan 4C diluar lingkungan sekolah, serta perbedaan gaya belajar dan kesulitan dalam mengelompokkan siswa karna keragaman budaya yang berbeda. Sementara faktor pendukung meliputi komptensi guru, pemenuhan sarana prasarana, dan evaluasi keterampilan 4C melalui assembly atau festival learning. Jadi dapat disimpulkan bahwa implementasi abad 21 pada kurikulum merdeka melalui pembelajaran IPS di MI Al Fithrah Surabaya dinilai baik untuk mendukung tercapainya pembelajaran abad 21 dengan presentase 53,85%. Dengan demikian, siswa dapat lebih aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran dan meningkatkan keterampilan mereka dalam menghadapi era saat ini.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
Contribution
Name
NIDN/NIY
Email
UNSPECIFIED
SYAMSUDIN, SYAMSUDIN,
2121058702
syamsudinalghifari@gmail.com
UNSPECIFIED
Marlina, Tuti
2127099101
tmarlina123@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Abad 21, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyah
Depositing User: MARAQONITATILLAH MARAQONITATILLAH,
Date Deposited: 06 Aug 2024 05:25
Last Modified: 06 Aug 2024 05:25
URI: https://erepository.alfithrah.ac.id/id/eprint/41

Actions (login required)

View Item
View Item