Soleha, Soleha, (2024) PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI AL FITHRAH SURABAYA. S1 thesis, INSTITUT AL FITHRAH.
ABSTRAK_NIM 202012126089.pdf
Download (2MB)
ARTIKEL TUGASSS AKHIR_202012126089.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (514kB) | Request a copy
CEK PLAGIASI_202012126089.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (21kB) | Request a copy
SOLEHA_202012126089.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (16MB) | Request a copy
Abstract
SOLEHA 202012126089 Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
Penerapan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Indonesia telah menjadi topik yang kompleks dan menantang. Meskipun Kurikulum Merdeka bertujuan untuk memberikan kebebasan lebih kepada guru dan siswa dalam menentukan metode dan materi pembelajaran, terdapat berbagai permasalahan yang muncul dalam implementasinya. Perubahan kurikulum merdeka pada Bahasa Indonesia untuk mengembangkan karakter siswa melalui metode yang fleksibel, meski menghadapi tantangan seperti membedakan materi esensial. MI Al Fithrah Surabaya mulai menerapkan Kurikulum Merdeka pada 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis problematika yang dihadapi dalam penerapan Kurikulum Merdeka, khususnya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Serta solusi yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi problematika yang terjadi di kelas VC MI Al Fithrah Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deksriptif dan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Adapun sumber data pada penelitian ini, yaitu waka kurikulum, guru kelas 5C dan guru Bahasa Indonesia. Hasil penelitian Penerapan Kurikulum Merdeka di MI Al Fithrah Surabaya telah dimulai secara bertahap sejak tahun ajaran 2022-2023 dan berjalan cukup baik meskipun terdapat kendala seperti rendahnya minat baca siswa, pemahaman kosakata yang kurang, dan ketidakmampuan membedakan bahasa baku dan bahasa internet. Solusi yang diterapkan meliputi membiasakan siswa membaca, memilih bacaan yang disukai namun mendidik, membuat media pembelajaran kosakata, serta memberikan pelatihan mendalam dan penggunaan media teknologi untuk pembelajaran kontekstual dengan evaluasi berkala. Berdasarkan hasil peneitian ini, diharapkan dapat memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas penerapan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Bahasa Indonesia serta mendukung tercapainya tujuan pendidikan yang lebih holistik dan relevan dengan kebutuhan zaman.
Kata Kunci: Problematika, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Contributors: | Contribution Name NIDN/NIY Email Thesis advisor Marlina, Tuti tmarlina123@gmail.com UNSPECIFIED Thesis advisor UNSPECIFIED UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
Subjects: | K Law > K Law (General) L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyah |
Depositing User: | Soleha Soleha |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 08:53 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 08:53 |
URI: | https://erepository.alfithrah.ac.id/id/eprint/73 |