PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMP TA’MIRIYAH SURABAYA

Ilahiyah, Rohmatul (2024) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMP TA’MIRIYAH SURABAYA. S1 thesis, Institut Al Fithrah (IAF) Surabaya.

[thumbnail of CEK PLAGIASI_202012120449.pdf] Text
CEK PLAGIASI_202012120449.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of ARTIKEL TUGAS AKHIR_202012120449.pdf] Text
ARTIKEL TUGAS AKHIR_202012120449.pdf

Download (463kB)
[thumbnail of ABSTRAK_202012120449-.pdf] Text
ABSTRAK_202012120449-.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of ROHMATUL ILAHIYYAH_202012120449.pdf] Text
ROHMATUL ILAHIYYAH_202012120449.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Kepala sekolah adalah salah satu elemen penting di sekolah yang memiliki wewenang untuk mengelola seluruh sumber daya yang ada. Oleh karena itu, kemampuan manajerial kepala sekolah dalam mengelola setiap sumber daya sangat berpengaruh terhadap kualitas pendidikan di sekolah tersebut. Sebagai pemimpin atau manajer, kepala sekolah harus mampu mengelola sumber daya manusia dengan baik dan efektif, sementara guru diharapkan menjalankan tugasnya secara profesional. Namun, di SMP Ta'miriyah Surabaya, terdapat beberapa guru yang masih kurang memahami penggunaan teknologi dan ada pula yang sering terlambat atau kurang disiplin. Tantangan ini menjadi tanggung jawab kepala sekolah sebagai pemimpin tertinggi untuk meningkatkan profesionalisme para guru.
Dalam peneliatian ini bertujuan untuk menjelaskan 1) profesionalisme guru di SMP Ta’miriyah Surabaya dan 2) untuk menjelaskan peran kepala sekolah dalam menigkatkan profesionalisme guru di SMP Ta’miriyah Surabaya.
Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif yang bersifaf deskriftif, yaitu dengan turun kelapangan. Sumber data yang diperoleh dari penelitian ini dari hasil wawancara dan dokumentasi. Peraturan pemerintah No 19 tahun 2005 tentang pendidikan dan teori peran kepala sekolah menjadi landasan untuk mengetahui profesionalisme guru dan peran kepala sekolah di SMP Ta’miriyah Surabaya.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) profesionalisme guru masih ada beberapa guru yang belum disipilin dan ada beberapa guru yang kurang memahami dalam pegoperasian teknologi, 2) peran kepala sekolah kurang sebagai peran educator dan motivator. Karena terdapat beberapa guru yang kurang disiplin dan beberapa guru yang kurang memahami dalam pegoperasian teknologi menjadi faktor penghambatnya profesionalisme guru di SMP Ta’miriyah Surabaya.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
Contribution
Name
NIDN/NIY
Email
Thesis advisor
Imawan, Aris
2108128101
nawamisira@yahoo.co.id
Uncontrolled Keywords: Peran, Kepala Sekolah, dan Profesiolisme
Subjects: K Law > KD England and Wales
L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ilahiyah Rohmatul
Date Deposited: 03 Sep 2024 06:59
Last Modified: 03 Sep 2024 06:59
URI: https://erepository.alfithrah.ac.id/id/eprint/77

Actions (login required)

View Item
View Item