FITRIA, FITRIA (2024) Pengaruh penerapan sistem full day school terhadap peningkatan karakter keagamaan peserta didik di SMP ISLAM AL AZHAR 13 Surabaya. S1 thesis, Institut Al Fithrah (IAF) Surabaya.
ABSTRAK_202012120464.pdf
Download (1MB)
FITRIA-202012120464.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
ARTIKEL TUGAS AKHIR_202012120464.pdf
Download (582kB)
CEK PLAGIASI_202012120464.pdf
Download (21kB)
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh pentingnya pengaruh sistem full day school terhadap peningkatan karakter keagamaan yang dihasilkan oleh pihak sekolah dalam hal ini adalah peserta didik. Karena keberhasilan suatu Lembaga pendidikan dapat diketahui berdasarkan kualitas pengetahuan yang dimiliki oleh siswa itu sendiri Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh sistem full day school terhadap peningkatan karakter keagamaan peserta didik di sekolah. Dalam beberapa tahun terakhir, full day school telah diterapkan di berbagai sekolah dengan harapan dapat memberikan dampak positif terhadap pengembangan karakter siswa, termasuk karakter keagamaan.
Penelitian ini akan membahas terkait bagaimana penerapan sistem full day school dan karakter keagamaan peserta didik di SMP Al Azhar 13 Surabaya, dan juga pengaruh penerapan sistem full day school terhadap peningkatan karakter keagamaan peserta didik , Dimana dengan adanya penerapan sistem full day school ini diharapkan dapat meningkatkan karakter keagamaan peserta didik.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan alat pengumpul data berupa observasi, penyebaran angket atau kuesioner, serta wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem full day school berpengaruh signifikan terhadap peningkatan karakter keagamaan peserta didik. Siswa yang mengikuti full day school cenderung menunjukkan peningkatan dalam kedisiplinan beribadah, pemahaman nilai-nilai agama, serta sikap religius dalam kehidupan sehari-hari. Temuan ini menunjukkan bahwa full day school tidak hanya berdampak pada aspek akademis, tetapi juga memainkan peran penting dalam pembentukan karakter keagamaan siswa. beberapa pembiasaan kegiatan keagamaan Di SMP Al Azhar Surabaya adalah , diantaranya membaca ikrar dan sholat dhuha sebelum jam pelajaran di mulai ,tilawati ,sholat wajib berjamaah ( dzuhur dan ashar ), The Friday Blessing setiap hari jumat (Al Matsurat/Ceramah Agama/Olahraga/Literasi), kuliah umum lima menit (kulma),pembinaan baca qur an, Program Tahfidz dan Tahfidz Camp, Salam Al Azhar,dll.. dilihat dari hasil analisis kuesioner tentang penerapan sistem full day school kepada siswa kelas VIII SMP Al Azhar 13 Surabaya yang menjadi sampel penelitian dengan memperoleh nilai rata-rata 86%, sehingga dapat disimpulkan berkategori tinggi atau kuat. Hasil kuesioner tentang karakter keagamaan yaitu dalam kategori tinggi atau kuat, dengan hasil rata-rata 77%. Sedangkan, Berdasarkan hasil analisis pengaruh penerapan sistem full day school terhadap peningkatan karakter keagamaan peserta didik dengan nilai rxy (angka indeks korelasi) sebesar 0,27% yang berarti mempunyai pengaruh . Dari hasil tersebut penulis dapat menyimpulkan bahwa adanya pengaruh penerapan sistem full day school terhadap peningkatan karakter keagamaan peserta didik di SMP Islam Al azhar 13 Surabaya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Contributors: | Contribution Name NIDN/NIY Email Thesis advisor Imawan, Aris 2108128101 nawamisira@yahoo.co.id |
Uncontrolled Keywords: | full day school, karakter keagamaan, peserta didik, sekolah. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | FITRIA, FITRIA |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 02:02 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 02:02 |
URI: | https://erepository.alfithrah.ac.id/id/eprint/123 |