Rezaali, Moch Basthomi (2025) STRATEGI ADAPTASI PEDAGANG THRIFTING NN SECOND DI PASAR GEMBONG DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DI ERA DIGITAL : PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM. S1 thesis, Institut Al Fithrah (IAF) Surabaya.
![[thumbnail of ABSTRAK_202112131117 (1).pdf]](https://erepository.alfithrah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK_202112131117 (1).pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of MOCH BASTHOMI REZAALI_202112131117.pdf]](https://erepository.alfithrah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MOCH BASTHOMI REZAALI_202112131117.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of CEK PLAGIASI_202112131117.pdf]](https://erepository.alfithrah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
CEK PLAGIASI_202112131117.pdf
Download (218kB)
Abstract
Moch. Basthomi Rezaali, NIM. 202112131117, Strategi Adaptasi Pedagang Thrifting NN Second di Pasar Gembong dalam Menghadapi Persaingan di Era Digital Perspektif Etika Bisnis Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi adaptasi yang dilakukan pedagang thrift NN Second di Pasar Gembong, Surabaya, dalam menghadapi persaingan bisnis di era digital, serta menganalisis kesesuaiannya dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam. Fenomena Thrifting semakin marak di kalangan masyarakat karena dinilai lebih ekonomis dan ramah lingkungan. Namun, kehadiran platform online seperti TikTok Shop dan e-commerce lainnya menimbulkan tantangan besar bagi pedagang tradisional, termasuk penurunan jumlah pengunjung dan pendapatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi. Subjek penelitian adalah pedagang thrift yang berjualan di Pasar Gembong dan telah melakukan adaptasi terhadap sistem digital yaitu NN Second. Hasil penelitian menunjukkan bahwa NN Second menerapkan berbagai strategi seperti promosi melalui media sosial, pemanfaatan marketplace, serta inovasi dalam pelayanan dan display produk. Strategi ini dilakukan untuk mempertahankan eksistensi usaha dan menjangkau konsumen yang lebih luas. Dari perspektif etika bisnis Islam, NN Second telah menerapkan prinsipprinsip dasar seperti kejujuran, tanggung jawab, keadilan, serta menghindari unsur penipuan dan gharar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi adaptasi yang dilakukan NN Second di Pasar Gembong telah sejalan dengan nilai-nilai syariah dan mampu menjadi alternatif solusi untuk bertahan dalam era persaingan digital yang ketat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Contributors: | Contribution Name NIDN/NIY Email Thesis advisor Muis, Abdullah Ahadish Shamad 2103059203 abdullah.ahadish@gmail.com |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Adaptasi, Thrifting, Era Digital, Etika Bisnis Islam. |
Subjects: | H Ilmu Sosial > H Ilmu Sosial (Umum) L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LD Intitutsi Pendidikan (Wilayah) P Bahasa dan Sastra > PI Bahasa dan Sastra Oriental |
Divisions: | Fakultas Syari'ah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Moch. Basthomi Rezaali |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 09:05 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 09:05 |
URI: | https://erepository.alfithrah.ac.id/id/eprint/184 |