Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Karakter Peserta Didik di MTs Nurul Islam Surabaya

Soleha, Siti Malak Amaniyatus (2025) Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Karakter Peserta Didik di MTs Nurul Islam Surabaya. S1 thesis, Institut Al Fithrah (IAF) Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK_202112120504.pdf] Text
ABSTRAK_202112120504.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SITI MALAK AMANIYATUS S_202112120504.pdf] Text
SITI MALAK AMANIYATUS S_202112120504.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Cek Plagiasi_202112120504.pdf] Text
Cek Plagiasi_202112120504.pdf

Download (455kB)

Abstract

Siti Malak Amaniyatus Soleha, NIM: 202112120504, Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Karakter Peserta Didik di MTs Nurul Islam Surabaya. Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Tarbiyah, Institut Al Fithrah Surabaya, 2025.
Perubahan kurikulum merupakan langkah strategis dalam menyesuaikan pendidikan dengan dinamika perkembangan zaman. Kurikulum Merdeka hadir sebagai respons terhadap dampak pandemi Covid-19 dengan fokus pembelajaran yang berpusat pada peserta didik serta penguatan karakter melalui proyek dan budaya sekolah. Salah satu bentuk implementasinya di madrasah adalah melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan lil ‘Alamin (P5RA).
Penelitian ini mengangkat 2 rumusan masalah yaitu tentang implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan karakter peserta didik serta faktor pendukung dan penghambat dalam proses implementasi kurikulum merdeka. Dari kedua rumusan masalah tersebut, ditemukan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka di MTs. Nurul Islam Surabaya dilakukan melalui pembiasaan kegiatan harian serta pelaksanaan Proyek P5RA yang mengusung tema kewirausahaan, pelestarian budaya, dan isu-isu kontekstual lainnya. Proyek tersebut terbukti efektif dalam membentuk karakter peserta didik yang religius, disiplin, bertanggung jawab, mampu bekerja sama, dan kreatif. Faktor pendukung dalam pelaksanaan kurikulum ini antara lain pelatihan guru, dukungan orang tua, serta program keagamaan madrasah. Sementara itu, kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan sarana, anggaran yang belum memadai, serta pemahaman guru yang belum merata.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi Kurikulum Merdeka dalam upaya meningkatkan karakter peserta didik di MTs Nurul Islam Surabaya, sekaligus mengidentifikasi faktor-faktor pendukung maupun penghambat dalam pelaksanaannya. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Melalui pendekatan tersebut, peneliti berupaya menggali informasi secara mendalam, kritis, dan analitis untuk memperoleh gambaran menyeluruh mengenai penerapan Kurikulum Merdeka serta kontribusinya terhadap pembentukan karakter peserta didik. Hasil penelitian ini diharapkan bisa memberikan pemahaman yang komprehensif terkait praktik implementasi Kurikulum Merdeka di lingkungan madrasah.
Secara umum, temuan penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka di MTs. Nurul Islam Surabaya telah berlangsung cukup efektif dan memberikan dampak positif dalam membentuk karakter peserta didik sesuai dengan nilai-nilai yang tercantum dalam Profil Pelajar Pancasila. Meskipun dihadapkan pada sejumlah tantangan, kurikulum ini mampu memberikan ruang yang luas bagi peserta didik untuk berkembang sesuai dengan potensi diri dan konteks lokal madrasah.
Kata kunci: Kurikulum Merdeka, Pendidikan Karakter

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
Contribution
Name
NIDN/NIY
Email
Thesis advisor
Sholihin, Choirus
2128028001
choirussholihin@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Pendidikan Karakter.
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan Praktik Pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan Praktik Pendidikan > LB1603 Pendidikan Menengah (SMP.SMA)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Malak Amaniyatus Soleha
Date Deposited: 11 Oct 2025 06:25
Last Modified: 11 Oct 2025 06:25
URI: https://erepository.alfithrah.ac.id/id/eprint/204

Actions (login required)

View Item
View Item