Romadhon, Moch. Farhan (2025) STRATEGI MARKETING PENDIDIKAN DALAM MENARIK MINAT PESERTA DIDIK BARU DI SMK WACHID HASYIM 1 SURABAYA. S1 thesis, Institut Al Fithrah (IAF) Surabaya.
![[thumbnail of ABSTRAKSI_202112120498.pdf]](https://erepository.alfithrah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAKSI_202112120498.pdf
Download (936kB)
![[thumbnail of MOCH. FARHAN ROMADHON_202112120498.pdf]](https://erepository.alfithrah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MOCH. FARHAN ROMADHON_202112120498.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of CEK PLAGIASI_202112120498.pdf]](https://erepository.alfithrah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
CEK PLAGIASI_202112120498.pdf
Download (341kB)
Abstract
Persaingan antar lembaga pendidikan, khususnya sekolah swasta menjadi semakin ketat dari tahun ke tahun. Sekolah tidak hanya dituntut untuk menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas, tetapi juga harus mampu melakukan strategi marketing yang tepat guna menarik minat peserta didik baru. SMK Wachid Hasyim 1 Surabaya sebagai salah satu sekolah swasta berbasis Islam di tengah kota menghadapi tantangan yang sama. Hal ini mendorong perlunya upaya strategis dan terukur dalam menarik minat calon peserta didik, agar sekolah tetap eksis dan diminati masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah perihal bagaimana strategi marketing pendidikan diterapkan di SMK Wachid Hasyim 1 Surabaya untuk menarik minat peserta didik baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan meliputi pelayanan prima, kegiatan syiar dan dakwah, bimbingan karir, penyediaan booth untuk foto wisuda dan promosi, penggunaan media sosial, dan strategi harga yang kompetitif. Strategi-strategi tersebut diharapkan mampu meningkatkan daya tarik sekolah dan berdampak pada peningkatan jumlah pendaftar baru setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketing pendidikan yang digunakan oleh SMK Wachid Hasyim 1 Surabaya dalam menarik minat peserta didik baru serta untuk menganalisis implementasi dan implikasi dari strategi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif serta model studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan informan kunci, dan dokumentasi. Secara keseluruhan bahwa strategi marketing pendidikan yang dijalankan oleh SMK Wachid Hasyim 1 Surabaya bersifat terstruktur, adaptif, dan inovatif. Keberhasilan strategi ini tidak hanya ditunjukkan oleh peningkatan jumlah peserta didik baru, tetapi juga meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap kualitas dan karakteristik pendidikan yang ditawarkan. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan praktik manajemen pemasaran pendidikan di lingkungan sekolah swasta.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Contributors: | Contribution Name NIDN/NIY Email Thesis advisor Sholihin, Choirus 2128028001 choirussholihin@gmail.com |
Uncontrolled Keywords: | Strategi, marketing pendidikan, Minat, SMK Wachid Hasyim 1 Surabaya. |
Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan Praktik Pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan Praktik Pendidikan > LB1603 Pendidikan Menengah (SMP.SMA) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email it@alfithrah.ac.id |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 08:51 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 08:51 |
URI: | https://erepository.alfithrah.ac.id/id/eprint/207 |