EFEKTIVITAS TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM LAYANAN DIGITAL BANK SYARIAH : IMPLIKASINYA TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH (Studi Pada BSI KCP. Dharmahusada Surabaya)

Hanan, Abd. (2025) EFEKTIVITAS TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM LAYANAN DIGITAL BANK SYARIAH : IMPLIKASINYA TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH (Studi Pada BSI KCP. Dharmahusada Surabaya). S1 thesis, Institut Al Fithrah (IAF) Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK_202112131120.pdf] Text
ABSTRAK_202112131120.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abd. Hanan_202112131120.pdf] Text
Abd. Hanan_202112131120.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of CEK PLAGIASI_202112131120.pdf] Text
CEK PLAGIASI_202112131120.pdf

Download (436kB)

Abstract

Abd. Hanan. NIM. 2021131120. Efektivitas Teknologi Artificial Intelligence Dalam Layanan Digital Bank Syariah : Implikasinya Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah (Studi Pada BSI KCP. Dharmahusada Surabaya). Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh efektivitas penerapan teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI) terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Dharmahusada Surabaya. Latar belakang penelitian ini berangkat dari kebutuhan optimalisasi layanan digital perbankan dalam merespons dinamika kebutuhan serta ekspektasi nasabah di era transformasi teknologi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode analisis regresi linier berganda. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada nasabah BSI KCP Dharmahusada Surabaya, kemudian diolah menggunakan uji t, uji simultan, serta koefisien determinasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa efektivitas teknologi berbasis AI memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, yang ditunjukkan melalui hasil uji statistik dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel serta signifikansi di bawah 0,05. Selain itu, kepuasan nasabah terbukti berhubungan signifikan dengan loyalitas, dan AI juga memberikan dampak langsung terhadap loyalitas nasabah. Secara simultan, kontribusi efektivitas AI terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah tercatat sebesar 69%, sementara 31% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa implementasi teknologi berbasis AI secara efektif mampu meningkatkan kualitas pengalaman nasabah, baik dari sisi kepuasan maupun loyalitas dalam layanan perbankan syariah. Dengan demikian, BSI perlu terus memperkuat pemanfaatan AI dalam berbagai aspek layanan dan edukasi digital guna mendukung terciptanya hubungan jangka panjang yang berkesinambungan dengan para nasabah.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
Contribution
Name
NIDN/NIY
Email
Thesis advisor
Shamad Muis, Abdullah Ahadish
2103059203
abdullah.ahadish@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Artificial Intelligence, Kepuasan Nasabah, Loyalitas Nasabah, Bank Syariah Indonesia, Teknologi Perbankan.
Subjects: H Ilmu Sosial > HB Teori Ekonomi
H Ilmu Sosial > HF Perdagangan > HF5601 Akutansi
H Ilmu Sosial > HJ Keuangan Publik
Divisions: Fakultas Syari'ah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Unnamed user with email it@alfithrah.ac.id
Date Deposited: 15 Oct 2025 07:26
Last Modified: 15 Oct 2025 07:26
URI: https://erepository.alfithrah.ac.id/id/eprint/208

Actions (login required)

View Item
View Item