pengaruh etika bisnis islam dan pelayanan terhadap minat beli masyarakat (studi kasus di pasar Blega Bangkalan Madura)

Bairoby, Salman (2024) pengaruh etika bisnis islam dan pelayanan terhadap minat beli masyarakat (studi kasus di pasar Blega Bangkalan Madura). S1 thesis, Institut Al Fithrah (IAF) Surabaya.

[thumbnail of ABTRAK_202012131106.pdf] Text
ABTRAK_202012131106.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SALMAN BAIROBY_202012131106.pdf] Text
SALMAN BAIROBY_202012131106.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy
[thumbnail of ARTIKEL TUGAS TERAKHIR _202012131106..pdf] Text
ARTIKEL TUGAS TERAKHIR _202012131106..pdf

Download (507kB)
[thumbnail of CEK PLAGIASI_202012131106.pdf] Text
CEK PLAGIASI_202012131106.pdf

Download (82kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestasikan pengaruh etika bisnis islam dan pelayanan terhadap minat beli masyarakat di pasar Blega Bangkalan Madura. Study dilakukan dengan pendekatan kuantitatif melalui metode studi kasus. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada pengunjung pasar sebagai responden utama. Analisis data dilakukan menggunakan teknik regresi linear berganda untuk menguji hipotesis penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik etika bisnis islam maupun pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli masyarakat di pasar Blega Madura. Hasil uji statistik menunjukkan nilai t hitung untuk variabel etika bisnis Islam sebesar 1,368 dengan nilai signifikansi 0,175 (p<0,05), dan untuk variabel pelayanan sebesar 0,60 dengan nilai signifikansi 0,560 (p<0,05). Artinya, kedua variabel tersebut secara individual berkontribusi dalam meningkatkan minat beli masyarakat.
Selain itu, nilai Adjusted R Square sebesar 0,80 atau 80% menunjukkan bahwa variabel etika bisnis Islam dan pelayanan mampu menjelaskan sekitar 80% dari variabelitas minat beli masyarakat, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bahwa implementasi etika bisnis Islam dan pelayanan yang baik dapat meningkatkan minat beli masyarakat di pasar tradisional seperti pasar Blega Madura. Studi ini juga memberikan kontribusi teoritis dalam literatur tentang pengaruh faktor-faktor ini terhadap perilaku konsumen dalam konteks pasar lokal.

Kata kunci: Etika Bisnis Islam, Pelayanan, Minat Beli, Pasar Tradisional Blega Madura

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
Contribution
Name
NIDN/NIY
Email
UNSPECIFIED
FARUK, FARUK
2125028603
faruk@alfithrah.ac.id
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Islam, Pelayanan, Minat Beli, Pasar Tradisional Blega Madura.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Syari'ah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Bairoby Salman
Date Deposited: 30 Aug 2024 09:02
Last Modified: 30 Aug 2024 09:02
URI: https://erepository.alfithrah.ac.id/id/eprint/56

Actions (login required)

View Item
View Item