Kurniyati, Livia (2024) Gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam membangun keunggulan ekstrakurikuler di PDF Ulya Putri Al Fithrah Surabaya. S1 thesis, Institut Al Fithrah (IAF) Surabaya.
ABSTRAK_202012120458.pdf
Download (754kB)
LIVIA KURNIYATI_202012120458.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (18MB)
ARTIKEL TUGAS AKHIR_202012120458..pdf
Download (199kB)
CEK PLAGIASI_202012120458..pdf
Download (37kB)
Abstract
ABSTRAK
Livia Kurniyati, NIM. 202012120458, "Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Membangun Keunggulan Ekstrakurikuler di PDF Ulya Al Fithrah Putri Surabaya." Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Institut Al Fithrah Surabaya, 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menganalisis gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan keunggulan ekstrakurikuler di PDF Ulya Al Fithrah Putri. Latar belakang penelitian ini berfokus pada pentingnya pendidikan dalam mengembangkan potensi siswa, salah satunya melalui kegiatan ekstrakurikuler yang dirancang untuk memperkuat bakat, minat, dan keterampilan peserta didik. Dalam hal ini, kepala madrasah memiliki peran penting dalam memimpin dan mengelola kegiatan ekstrakurikuler agar terlaksana secara efektif dan berkualitas.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana gaya kepemimpinan kepala madrasah di PDF Ulya Putri Al Fithrah? (2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di PDF Ulya Al Fithrah Putri? (3) Bagaimana kepala madrasah membangun keunggulan ekstrakurikuler melalui gaya kepemimpinannya?
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dengan kepala madrasah, guru, dan siswa; observasi langsung terhadap pelaksanaan ekstrakurikuler, serta studi dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Kepala madrasah di PDF Ulya Al Fithrah Putri menerapkan gaya kepemimpinan demokratis, ditunjukkan melalui pelibatan seluruh staf dalam pengambilan keputusan; (2) Ekstrakurikuler yang dilaksanakan terdiri dari kegiatan wajib seperti bandongan atau sorogan, TIK, bahasa Arab, bahasa Inggris, manaqib, dan Turats, serta kegiatan berdasarkan bakat dan minat seperti kelas vokasi (tata rias dan wirausaha), kaligrafi, paskibra, kelas menulis ilmiah, dan rebana; (3) Kepemimpinan yang dijalankan telah sukses membentuk keunggulan ekstrakurikuler, ditandai dengan keterlibatan karyawan secara partisipatif, pengembangan kreativitas dan sumber daya manusia, serta pengambilan keputusan melalui musyawarah dan mufakat. Strategi-strategi tersebut telah berperan besar dalam mendukung keberhasilan kepemimpinan kepala madrasah dalam membangun keunggulan ekstrakurikuler di PDF Ulya Al Fithrah Putri..
Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Keunggulan Ekstrakurikuler
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Contributors: | Contribution Name NIDN/NIY Email Thesis advisor Arif, Faiz Al 2128047501 m.faiz@alfithrah.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Gaya Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Keunggulan Ekstrakurikuler |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Kurniyati Livia |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 10:07 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 10:07 |
URI: | https://erepository.alfithrah.ac.id/id/eprint/91 |